Hadiri Pembukaan MTQ Nasional, Menag Fachrul Razi Tiba di Padang

Menag Fachrul Razi bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Menag Fachrul Razi bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Istimewa)

PADANG PARIAMAN, KLIKPOSITIF - Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno menyambut kedatangan Menteri Agama RI Fachrul Razi di ruangan VIP Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sabtu (14/11/2020), pukul 10.30 WIB.

Kedatangan Menteri Agama direncanakan untuk menghadiri upacara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an ( MTQ ) Nasional ke XXVIII tahun 2020 akan dilaksanakan di Main Stadion Sikabu, di Kabupaten Padang Pariaman.

baca juga: Menag Yaqut : Kemenag Milik Semua Agama dan Harus Memfasilitasi Semua Agama

"Upacara MTQ ke XXVIII akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual. Menteri Agama Fachrul Razi akan menghadiri secara langsung di Main Stadion Sikabu," kata Gubernur Irwan Prayitno .

Sebelumnya, para khafilah MTQ sudah berdatangan ke Sumbar, sebanyak 1.476 peserta dari 32 provinsi siap mengikuti 8 cabang musabaqah. Sementara dua provinsi menyatakan tidak mengikuti MTQN ke-XXVIII, yakni Yogyakarta dan NTT, dikarenakan pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19.

baca juga: Menag Klarifikasi Pernyataan Kementerian Agama Hadiah Untuk NU: Itu Motivasi Internal

Irwan Prayitno menyebut semua tahapan MTQ sudah sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat, supaya MTQ tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19.

"Setiap kafilah yang datang tetap kita lakukan pemeriksaan yang mengacu pada protokol Covid-19.Semua ini kita lakukan untuk antisipasi agar virus corona tidak menyebar di Sumbar," ucapnya.

baca juga: Ini Daftar 380 Masjid dan Musala Penerima Bantuan Terdampak Covid-19

Sementara itu Irwan Prayitno menargetkan khafilah Sumbar bisa menempati posisi lima besar dalam Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ ) Nasional 2020 di Sumatera Barat.

"Insya Allah, kali ini kita targetkan khafilah kita masuk lima besar. Mohon do'anya dari masyarakat Sumbar," kata Irwan Prayitno .

baca juga: Biaya Umrah di Masa Pandemi Perlu Penyesuaian, Sekjen Kemenag: Harus Dihitung Cermat

Selanjutnya, rombongan Menteri Agama bersama gubernur Sumbar meninggalkan BIM menuju Padang untuk melanjutkan kegiatannya, yaitu melantik Dewan Hakim MTQ Nasional ke XXVIII di Aula Kantor Gubernur. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir