Luhut Singgung Kerumunan di Jakarta, Sayangkan Pejabat Ada yang hadir

Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Binsar Pandjaitan (Net)

KLIKPOSITIF -Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyayangkan adanya kerumunan yang terjadi di Jakarta beberapa waktu lalu. Padahal menurutnya kerumunan tersebut hanya menjadikan klaster baru penularan virus Corona (Covid-19).

Luhut mengatakan kalau pemerintah enggan membuat kerumunan di tengah masyarakat demi insiden penyebaran kasus Covid-19 yang belum juga melandai. Terlebih, kerumunan massa juga malah membantu penularan virus lebih cepat.

baca juga: Banyak Faktor Pengaruhi Pemulihan Ekonomi Global, Menkeu: Salah Satunya Vaksinasi dan Dukungan Fiskal

"Nah, ini juga penting kita tidak ingin kerumunan, karena ternyata kerumunan-kerumunan itu adalah penyebab klaster-klaster baru," kata Luhut dalam sebuah acara berani yang diselenggarakan oleh Sinergi UGM dan Dewan Pakar Kagama pada Selasa (17/11/2020).

Meski pemerintah menginginkan minimnya kerumunan massa, namun nyatanya hal tersebut saja terjadi. Luhut yang juga tergabung sebagai Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional tersebut menyinggung adanya kerumunan yang terjadi di Jakarta.

baca juga: Gebyar Vaksin, Cara Kota Solok Wujudkan Herd Immunity

"Itu sudah ada epidance sama kita sehingga seperti Jakarta kita sangat menyayangkan bahwa kerumunan kerumunan-kerumunan yang tidak baik," ujarnya.

Meskipun tidak menyebutkan kerumunan massa yang dimaksud, namun diduga Luhut menyinggung acara rentetan acara Rizieq beberapa waktu lalu. Pasalnya, ia menyayangkan adanya pejabat yang datang ke kerumunan tersebut.

baca juga: Kemenperin: Produk Olahan Singkong, Panganan dan Camilan Premium Digemari di Banyak Negara Eropa dan Amerika

"Disayangkan juga pejabat ada yang hadir dalam kerumunan itu," tuturnya.

Untuk diketahui, sepulangnya dari Arab Saudi, pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan Syarifah Najwa Shihab, putrinya yang berlangsung pada Sabtu (14/11/2020) malam.

baca juga: Ini Syarat Rumah Subsidi Hingga Dokumen Pendukung yang Perlu Anda Tahu

Anugerah Maulid Nabi Muhammad SAW, digelar di markas besar FPI, Petamburan, Jakarta Pusat.

Editor: Eko Fajri