Perekaman E-KTP Secara Jemput Bola Disambut Antusias Oleh Para Pelajar di Pasbar

Perekaman E-KTP yang dilaksanakan di SMK Cersa Pasaman
Perekaman E-KTP yang dilaksanakan di SMK Cersa Pasaman (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Puluhan pelajar tingkat lanjutan atas di Pasaman Barat manfaatkan perekaman KTP Elektronik sistim jemput bola yang dilakukan oleh Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil di daerah itu.

Perekaman E- KTP itu dianggap sebagian para pelajar yang cukup umur sangat bagus. Sebab selama ini mereka mengaku kesulitan untuk mengurus KTP karena tak cukup waktu.

baca juga: Seorang Warga di Pasbar Diduga Diserang Buaya, Keberadaannya Masih Misterius

"Kita berharap kegiatan ini rutin dilaksanakan, sehingga bagi pelajar yang cukup usia mudah mengurus KTP ," sebut Andi salah seorang pelajar SMK Cersa Pasaman, Selasa (17/11/2020).

Ia mengatakan dengan adanya kegiatan E- KTP secara jemput bola itu sangat membantu dan mempermudah bagi pelajar. Disamping itu bisa menyuarakan suara di Pilkada mendatang.

baca juga: Dirwansyah Nahkodai Partai Golkar Pasaman Barat

"Kami sebagai pemilih pemula sangat terbantu, sehingga hak suara kami bisa disalurkan pada 9 Desember 2020 mendatang," sebut Andi.

Sementara Wakil Kepala SMK Cersa Pasaman, Syafrinar Yenti mengatakan puluhan pelajar itu telah dikondisikan agar bisa memiliki KTP . Sebab dimasa pandemi para siswa diatur untuk bisa terdata.

baca juga: Bandara Pusako Anak Nagari di Pasaman Barat Kembali Buka Rute Penerbangan

"Kita atur jumlah siswa dan kita gilir setiap lokalnya agar tidak terjadi kerumunan. Kita juga sudah mendata siswa yang belum memikiki KTP ," kata Syafrinar Yenti.

Ia juga berharap semoga program ini terus berlanjut setiap tahun nya agar para pelajar bisa memiliki KTP pada saar tamat belajar dan melanjutkan pendidikan keluar daerah lebih mudah.

baca juga: 17 Orang Tokoh Masyarakat Dapatkan Penghargaan di Hari Jadi Pasaman Barat, Siapa Saja?

Perekaman KTP itu dilaksanakan oleh Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil sebulan penuh di bulan November. Disamping menyasar para pelajar, juga menyasar daerah pinggir.

Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil, Yulisna berharap besar bagi yang wajib KTP bisa memiliki KTP dan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat ke depannya.

"Perekaman KTP ini bagian dari program Kemendagri agar wajib KTP baru atau masyarakat yang belum memiliki KTP , bisa merekam dan mencetak KTP Elektronik," ujarnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi