APBD 2021 Solsel Tercepat di Sumbar, Ketua DPRD: Bukan Hanya Tercepat, Yang Penting Itu Kualitas

Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda disaksikan Pjs Bupati Solsel Jasman Rizal Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan, Setwan Mardiana Pj Setda Fidel Effendi, menandatangani Berita Acara Penetapan APBD tahun 2021
Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda disaksikan Pjs Bupati Solsel Jasman Rizal Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan, Setwan Mardiana Pj Setda Fidel Effendi, menandatangani Berita Acara Penetapan APBD tahun 2021 (Ist)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD ) Tahun Anggaran 2021 Kabupaten Solok Selatan telah disahkan pada Senin (16/11) dan menjadi yang tercepat di Sumatera Barat (Sumbar).

Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda mengatakan APBD tersebut dibahas bukan hanya saat APBD , tetapi pihaknya sudah melakukan pendalaman sejak KUA-PPAS sesuai dengan SIPD. SIPD ini servernya di Kemendagri dan terkoneksi.

baca juga: Diduga Diserang Harimau, Seekor Anak Sapi Ditemukan Mati di Solok Selatan

"Alhamdulillah, bukan hanya tercepat, bagi kami yang penting itu kwalitas, kami telah melakukan pendalaman sejak KUA-PPAS, tidak hanya saat pembahasan penjabaran APBD saja, tentu saja hal ini terjadi karena Bupati dan DPRD sejalan" kata Zigo

Pjs Bupati Solsel Jasman Rizal Ketua DPRD Zigo Rolanda, Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan, Setwan Mardiana, Pj Setda Fidel Effendi, Usai Paripurna APBD 2021.
Pjs Bupati Solsel Jasman Rizal Ketua DPRD Zigo Rolanda, Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan, Setwan Mardiana, Pj Setda Fidel Effendi, Usai Paripurna APBD 2021.

Pjs Bupati Solsel , Jasman Rizal dalam mengatakan, penetapan APBD tersebut bisa cepat dilakukan tidak terlepas dari komunikasi yang dilakukan sebelumnya.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Pengobatan Bocah Penderita Tumor Perut asal Solsel

"Intinya komunikasi, kepentingan kita kan sama-sama ingin memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat, inilah buah komunikasi Saya dengan Pimpinan DPRD yang tak lebih dari setengah jam beberapa waktu lalu," kata Jasman

Pjs Bupati Solsel Jasman Rizal, Ketua DPRD Zigo Rolanda dan Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan Saat Paripurna penetapan APBD Solsel Tahun 2021
Pjs Bupati Solsel Jasman Rizal, Ketua DPRD Zigo Rolanda dan Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan Saat Paripurna penetapan APBD Solsel Tahun 2021

Dia menambahkan Penetapan Ranperda APBD Solok Selatan tahun 2021 tercepat di sumbar, hanya beda hitungan jam dalam waktu penetapan dengan Kabupaten Solok.

baca juga: Putra Solok Harumkan Nama Sumbar di STQH ke-XXVI Maluku Utara

"Pengesahan Ranperda APBD ini seharusnya bisa lebih cepat, namun karena Kabupaten Solok Selatan saat ini dipimpin oleh penjabat sementara bupati, maka harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari Kemendagri untuk menandatangani APBD ," katanya

Jasman juga mengapresiasi kerja keras legislatif dan eksekutif dalam menuntaskan penetapan APBD Kabupaten Solok Selatan tahun 2021 sejak KUA-PPAS sampai penetapan.

baca juga: Wagub Sumbar Sebut Belanja Pegawai Akan Naik 2,83 Persen

"Terima kasih kepada Seluruh Pimpinan dan Anggota DPRD, Banggar beserta kawan-kawan dari Setwan serta TAPD yang sudah lebih kurang satu bulan membahas APBD 2021 siang malam yang tak kenal lelah sehingga menuntaskannya dengan Paripurna hari ini," katanya.

Disahkannya APBD Tahun 2021 ini imbuhnya, tampaklah kerjasama yang baik antara pihak eksekutif dan legislative dalam membangun kabupaten solok selatan yang lebih baik kedepannya.

"Jadi hari ini tergambarlah pada masyarakat bahwa ternyata antara eksekutif dan legislatif di solok selatan , seayun selangkah, seiring sejalan dan saciok bak ayam sadanciang bak basi," kata Jasman

Sementara itu, Kepala BPKD Solok Selatan Irwanesa mengatakan bahwa APBD 2021 Solok Selatan yang disahkan tersebut berjumlah sebesar Rp. 842.446.700.075.

Jumlah tersebut turun sebesar Rp 110,1 Miliar dari APBD 2020 sebesar Rp 952,5 Miliar. Penurunan disebabkan akibat kondisi perekonomian yang diperkirakan masih terdampak pandemi Covid-19.

Penurunan ekonomi menyebabkan nilai pendapatan transfer dari pemerintah pusat menjadi berkurang ke daerah-daerah, termasuk Solok Selatan .

Sekretaris DPRD (Setwan) Solsel Mardiana mengungkapkan pembahasan APBD tersebut cukup alot sejak dari KUA-PPAS.

"Yang alot itu sejak KUA-PPAS, tetapi Alhamdulillah waktu itu ada komunikasi antara Bupati dan Pimpinan DPRD. Bentuk Keseriusan juga terlihat saat hari libur Sabtu dan Minggu pembahasan tetap dilakukan," katanya. (Adv)

Penulis: Kamisrial | Editor: Khadijah