Puluhan Pelaku UMKM di Pariaman Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

Salah satu pelaku UMKM di Pariaman
Salah satu pelaku UMKM di Pariaman (Rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Sebanyak 30 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Kota Pariaman mengikuti pelatihan kewirausahaan dan motivasi bisnis. Pelatihan ini merupakan angkatan ke dua, sebelumnya dilaksanakan pada akhir bulan Oktober yang lalu.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindagkop) dan UMKM Kota Pariaman , Gusniyeti Zaunit mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) UMKM adalah skala prioritas yang secara konsisten terus dikembangkan.

baca juga: Seribu Bidang Tanah Warga Belum Bersertifikat, Ini Upaya Pemko Pariaman

"Jadi tujuan pelatihan ini adalah memberi motifasi dan semangat kepada para pelaku UMKM , karena di zaman teknologi sekarang persaingan semakin ketat, maka segenap daya dan upaya, serta inovasi harus dilakukan dengan penuh semangat. Begitu juga dengan Kemasan produk UMKM juga menjadi salah satu point penting dalam meningkatkan pemasaran," ungkap Gusniyeti Zaunit, Rabu 18 November 2020.

Lebih lanjut Kadis itu menuturkan, dengan adanya pelatihan itu, diharapkan mampu mewujudkan peningkatan kualitas SDM UMKM .

baca juga: Dikunjungi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, Ini Kata Kalapas Pariaman

"Sehingga pelaku UMKM di Pariaman memiliki dedikasi, kompeten, disiplin, ulet, cerdas dan handal dalam mengelola dan mengembangkan sektor UMKM , termasuk produk-produk andalan UMKM yang ada di Kota Pariaman ," sebut Gusniyeti.

Untuk diketahui, sampai sekarang, jumlah UMKM di Kota Pariaman berjumlah 7.839 yang tersebar di empat kecamatan dengan jumlah populasi terbesar terdapat pada kecamatan Pariaman tengah dengan jumlah 3.084 UMKM atau sekitar 39 persen.

baca juga: Vaksinasi Corona di Pariaman Direncanakan Baru Mulai pada Februari 2021

Menyoal terkait jumlah UMKM tersebut, Gusniyeti mengatakan, jumlah UMKM di Kota Pariaman membuktikan bahwa pertumbuhan UMKM dari tahun ke tahun mengalami peningkatan baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas UMKM tersebut.

"Nah hal ini menuntut peran aktif Pemerintah Daerah untuk selalu Dinamis dan membuat terobosan baru agar UMKM yang ada di Kota Pariaman ini mampu bersaing dan merasa terayomi oleh Pemerintah Daerah. Ini yang sedang kita upayakan terus menerus," jelas Kadis Perindagkop Kota Pariaman itu.

baca juga: Miliki Harga Jual Jutaan Rupiah per Kilogram, Begini Tips Tanam Emas Hijau di Rumah

Penulis: Rehasa | Editor: Haswandi