Dengar Keluhan Warga Nagari IV Koto Mudik Pessel, Rusma Yul Anwar Berjanji Lakukan Ini

Kunjungan Rusma Yul Anwar di Nagari IV Koto Mudiek Pessel
Kunjungan Rusma Yul Anwar di Nagari IV Koto Mudiek Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Meski sempat diguncang gempa bumi, animo warga Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat tak surut untuk menyambut kunjungan Calon Bupati Rusma Yul Anwar, Rabu 19 November 2020.

Tampak kunjungan Rusma Yul Anwar disambut penuh antusias oleh warga Batang Kapas, tepatnya di Nagari IV Koto Mudik.

baca juga: Pilkada Pessel, KPU Persiapkan 350.000 Kertas Suara

Dengan diskusi yang mencair, warga yang hadir berharap Calon Bupati Rusma Yul Anwar mampu membawa perubahan bagi Pessel , dan warga meminta Rusma Yul Anwar bisa memenuhi kebutuhan warga, terutama untuk infrastruktur pertanian.

"Jalan lingkar dan irigasi, misalnya. Kami sangat terbantu," ungkap Syafran Tamsa, seorang tokoh masyarakat Nagari (Desa) Lubuk Nyiur saat kunjungan Rusma Yul Anwar di nagari itu.

baca juga: Hari Ini Pasien Sembuh COVID-19 di Pessel Bertambah 9 Orang, Positif Baru 5 Orang

Namun, kendati demikian Syafran mengingin kan untuk dapat ditingkatkan lagi. Sebab, katanya irigasi yang ada saat ini belum mampu mengaliri sawah petani.

"Apalagi, sebagian besar masyarakat di Nagari Lubuk Nyiur, Sungai Nyalo dan Tuik adalah petani. Bahkan, lebih dari 90 persen warga menggantungkan ekonominya pada sektor pertanian," terangnya.

baca juga: Pencarian Satu Korban Hanyut di Airpura Pessel Hingga Hari Ketiga Belum Membuahkan Hasil

Selain itu, ia juga mengharapkan perhatian akses jalan yang memadai kepada Rusma Yul Anwar jika terpilih nanti. Sebab, selama ini jalan kabupaten menuju Lubuk Nyiur dan sekitarnya belum tersentuh banyak, apalagi kondisi saat ini sempit dan rawan longsor dan banjir.

Kesepatan itu, Rusma Yul Anwar mengatakan, kebutuhan masyarakat adalah tanggung jawab pemerintah untuk terbangunnya rasa kesejahteraan dan berkeadilan. Apalagi, saat ini sektor pertanian masih menjadi sektor ekonomi Pessel secara umum.

baca juga: Paslon 01 Pilkada Pessel Singgung Soal Wisata Halal, Paslon Urut 03 Sebut Hal Ini

Tak hanya infrastruktur pertanian dan infrastruktur dasar semata, lanjutnya, ia juga bakal mengurus pendidikan dan kesehatan agar bisa dirasakan seluruh kalangan masyarakat Pessel , terutama untuk meminimalisir banyaknya anak putus sekolah.

"Selama ini, masih banyak keluhan soal biaya kesehatan dan pendidikan. Ini kita prioritaskan. Karena, pemerintah harus benar-benar hadir ketika masyarakat membutuhkan," terangnya.

Rusma Yul Anwar merupakan Calon Bupati nomor urut 2 yang berpasangan dengan Rudi Hariyansyah sebagai Calon Wakil Bupati. Keduanya maju diusung Partai Gerindra, PAN, Berkarya, PBB dan didukung Partai Gelora.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi