KPU Sumbar Tetapkan Dua Kali Debat Publik, Ini Temanya

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Pelaksana Tugas Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Sumatera Barat (Sumbar), Gebril Daulay mengatakan pihaknya akan menggelar debat publik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar.

Debat tersebut akan dilaksanakan dalam dua tahap, pada 23 November 2020 berkerja sama dengan TVRI, debat kedua dilaksanakan 3 Desember 2020 dengan berkerja sama dengan lembaga penyiaran nasional .

baca juga: Ingat Tiga Hal Ini Bisa Pemicu Kenaikan Kasus Covid-19

"Hal ini berdasarkan kesepakatan KPU Sumbar dengan tim kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar," katanya di Kantor KPU Sumbar, Rabu (18/11/2020).

Gebriel menambahkan, pihaknya juga telah menyusun tema debat publik Pilgub Sumbar tersebut.

baca juga: Kasus Covid-19 di Seluruh Dunia Mulai Membaik, Menkeu Ingatkan untuk Terus Waspada

"Tema debat pertama yaitu ekonomi, pengolahan sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Subtema pada debat pertama yaitu pengembangan infrastruktur, penanggulangan kemiskinan, pemerataan ekonomi, pemberdayaan UMKM, ketahanan pangan, dan kelautan dan kemaritiman," ujarnya.

"Kemudian, tema debat kedua yaitu tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, dan pembangunan sumber daya manusia. Subtemanya yaitu kesehatan, budaya, adat, pendidikan, kebudayaan, dan keagamaan," sambungnya.

baca juga: Hari Ini Seorang Lansia Positif COVID-19 di Tanah Datar

Sementara itu, untuk durasi setiap debat 150 menit. Rinciannya, 120 menit untuk segmen debat dan 30 menit untuk iklan layanan masyarakat.

Diketahui, ada empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar, yakni Mulyadi -- Ali Mukhni, Nasrul Abit -- Indra Catri, Fakhrizal -- Genius Umar, dan Mahyeldi -- Audy Joinaldi.

baca juga: Beberapa Bahan Pokok di Pasaman Barat Terpantau Alami Lonjakan Signifikan

Sumber: Katasumbar

Editor: Eko Fajri