Hari Ini Berulang Tahun, Joe Biden Jadi Presiden Tertua Amerika

Joe Biden
Joe Biden (net)

KLIKPOSITIF - Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden hari ini Jumat (20/11/2020) berulang tahun ke-78. Dilansir dari The Straits Times, Joe Biden menjadi calon tertua yang pernah memenangkan kursi kepresidenan Amerika Serikat.

Jika dia mencalonkan diri dan terpilih kembali pada 2024, dia akan berusia 86 tahun pada akhir masa jabatan kedua pada 2029. Sepanjang kampanyenya melawan Donald Trump, seorang yang mendapat julukan singa sejarah Amerika dari Barack Obama tersebut, tidak mengungkapkan tentang rencana masa depannya.

baca juga: Joe Biden Keluarkan Perintah Wajib Pakai Masker

Ketika ditanya oleh ABC News pada bulan Agustus apakah gagasan untuk bertugas selama delapan tahun ada dalam rencananya, Biden menjawab: "Tentu saja."

Tetapi, pada bulan April, pada acara penggalangan dana, Biden mengatakan bahwa dia melihat dirinya sebagai "kandidat transisi" - sebuah pendapat yang ambigu dan memicu spekulasi. Beberapa hari setelah dinyatakan menang atas Donald Trump, saudara perempuan Biden, Valerie menyatakan keyakinannya bahwa Biden akan mencalonkan diri kembali.

baca juga: Baru Menjabat, Biden Cabut Larangan Terkait Umat Muslim Ini

Valerie merupakan saudara Biden yang telah memainkan peran kunci dalam karier politiknya, namun lepas dari perhatian publik. Joe Biden mengatakan kepada Axios di HBO bahwa dia "transisi dalam hal dia membawa semua orang muda ini dan membawa (kami) kembali (jadi) kami bukan negara yang terpecah".

Di atas segalanya, satu hal yang jelas: Biden berusaha untuk mempertahankan modal politik maksimum untuk masa depannya.

baca juga: Disumpah jadi Presiden AS, Joe Biden: Banyak Hal yang Harus di Perbaiki

Editor: Ramadhani