Debat Publik Pertama Pilkada Sumbar Dipandu Imam Priyono, Moderator Debat Pilpres 2019

Kantor KPU Sumbar
Kantor KPU Sumbar (KLIKPOSITIF/ Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF - Debat Publik Pertama Calon Gubernur dan Wakil Sumbar bakal digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar), Senin (23/11/2020) pukul 21.00 WIB.

Debat Publik tersebut akan disiarkan langsung di kanal digital, Fanpage Facebook dan YouTube Channel TVRI Sumbar.

baca juga: IKP Tinggi, Bawaslu Agam Maksimalkan Pencegahan

Dikutip dari video yang diunggah di Fanpage Facebook KPU Provinsi Sumatera Barat pada Jumat (20/11/2020) debat tersebut akan dipandu oleh Imam Prijono. Diketahui Imam Prijono merupakan moderator debat publik pemilihan presiden dan wakil presiden 2019.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pelaksana Tugas Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar), Gebriel Daulay mengatakan, pihaknya akan menggelar debat publik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar.

baca juga: KPU Agam Temukan 2.705 Surat Suara Rusak

Debat tersebut akan dilaksanakan dalam dua tahap, pada 23 November 2020 berkerja sama dengan TVRI, debat kedua dilaksanakan 3 Desember 2020 dengan berkerja sama dengan lembaga penyiaran nasional.

"Hal ini berdasarkan kesepakatan KPU Sumbar dengan tim kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar," katanya di Kantor KPU Sumbar, Rabu (18/11/2020).

baca juga: Bawaslu Lima Puluh Kota Sebut Paslon Punya Kecenderungan Melibatkan ASN dan Wali Nagari

Gebriel menambahkan, pihaknya juga telah menyusun tema debat publik Pilgub Sumbar tersebut.

"Tema debat pertama yaitu ekonomi, pengolahan sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Subtema pada debat pertama yaitu pengembangan infrastruktur, penanggulangan kemiskinan, pemerataan ekonomi, pemberdayaan UMKM, ketahanan pangan, dan kelautan dan kemaritiman," ujarnya.

baca juga: Debat Putaran Kedua, KPU Pessel Ajak Masyarakat untuk Lakukan Ini

"Kemudian, tema debat kedua yaitu tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, dan pembangunan sumber daya. Subtemanya yaitu kesehatan, budaya, adat, pendidikan, kebudayaan, dan keagamaan," sambungnya.

Sementara itu, untuk durasi setiap debat 150 menit. Rinciannya, 120 menit untuk segmen debat dan 30 menit untuk iklan layanan masyarakat.

Diketahui, ada empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar, yakni Mulyadi - Ali Mukhni, Nasrul Abit - Indra Catri, Fakhrizal - Genius Umar, dan Mahyeldi-Audy.

Editor: Fitria Marlina