Simulasi Pilkada Serentak, KPU Ganti Foto Paslon Dengan Wayang

Salah seorang pemilih memasukkan surat suara ke dalam kotak suara
Salah seorang pemilih memasukkan surat suara ke dalam kotak suara (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF - Pada simulasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Sumatera Barat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengganti foto calon dengan gambar lain.

"Ada beberapa hal yang kami ubah untuk simulasi ini. Mulai dari nomor urut sampai foto pasangan calon," kata Ketua Devisi Hukum KPU Kota Padang , Riki Eka Putra, Sabtu 21 November 2020.

baca juga: DPRD Minta Sekda Non Aktifkan Kasatpol PP Padang

Ia mengatakan, untuk nomor urut, pihaknya membuat nomor urut 88 sampai nomor 91. Sementara untuk foto pasangan calon, pihaknya membuat foto wayang.

"Yang lebih kami utamakan di simulasi ini adalah proses pencoblosan yang harus dilakukan pada 9 Desember 2020 mendatang," lanjutnya.

baca juga: Spanduk "Tolak Kedatangan Habib Rizieq Shihab di Ranah Minang" Sudah Hilang, Satpol PP Padang: Tidak Tahu

Ia mengatakan, dalam simulasi tersebut, pihaknya melibatkan sebanyak 491 orang pemilih yang ada di TPS 38 Kelurahan Parupuk Tabing, Kecamatan Pasang Utara, Kota Padang .

"Simulasi ini kami lakukan sehari ini mulai dari prises pencoblosan hingga nanti ditutup dengan penghitungan suara," lanjutnya.

baca juga: Dilaporkan ke Bawaslu, Ini Kata Kasatpol PP Padang

Ia berharap, dengan simulasi yang telah dilakukan itu, masyarakat bisa memahami proses pemilihan di masa pandemi Covid-19.

"Kami harap dengan simulasi ini KPPS dan masyarakat bisa paham seperti apa proses pemilihan yang akan dilakukan 9 Desember mendatang," tutupnya.

baca juga: Bawaslu Sumbar Akan Kaji Laporan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN yang Libatkan Kasatpol PP Padang

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi