Digelar Masa Pandemi, Ujian Pra ALB INI Tanah Datar Patuhi Prokes Covid-19

Salah satu peserta harus diperiksa suhu badannya dengan thermogun sebelum mengikuti ujian Pra ALB  yang digelar Pengda INI Tanah Datar
Salah satu peserta harus diperiksa suhu badannya dengan thermogun sebelum mengikuti ujian Pra ALB yang digelar Pengda INI Tanah Datar (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (Pengwil INI) Sumbar terus melakukan pembinaan dan tahapan menjadi notaris. Dengan melalui tahapan tersebut diharapkan lahir notaris yang handal dan berintegritas.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Pengwil INI Sumbar , Ruri Meutia pada Ujian Pra Anggota Luar Biasa (ALB) yang digelar Pengurus Daerah INI Tanah Datar di Kota Padang Panjang, Sabtu (21/11/2020).

baca juga: Besok, Madra Indriawan Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Solok

Dikatakannya, untuk menjadi menjadi notaris memang membutuhkan tahapan panjang. Semua itu sudah diatur oleh peraturan Kemenkum HAM dan peraturan perkumpulan INI sendiri.

"Kami merasa bertanggung jawab menyiapkan calon notaris yang siap pakai dan berintelektual. Untuk itu dengan kegiatan ini diharapkan para calon notaris serius dalam meningkatkan pemahamannya atas Kode etik notaris maupun aplikasinya," ujarnya didampingi Ketua Pengda INI Tanah Datar Widia Susanti, SH.MKn.

baca juga: Sambut HUT ke-60, PT Jasa Raharja Sumbar Gelar Donor Darah

Dijelaskan, pelaksanaan ALB tersebut merupakan kebijakan dari Pengwil INI Sumbar yang mengharuskan Pengda INI di daerah untuk melaksanakan ujian Pra ALB. Langkah itu menjadi inisiatif INI Sumbar mematuhi arahan pemerintah dalam mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Sehingga dengan itu, jumlah peserta tidak menumpuk banyak jika dilaksanakan oleh Pengwil INI.

"Ini salah satu kebijakan kita. Jika kita menggelar satu tempat untuk seluruh Sumbar , kemungkinan pesertanya akan banyak. Jelas ini akan sulit melaksanakan protokol kesehatan . Jika dilaksanakan oleh Pengda INI masing-masing jumlah cenderung sedikit,"ujarnya.

baca juga: 3 Perawat Habib Rizieq Tes Swab, Ini Hasilnya

Selain itu, kebijakan itu juga merupakan kewajiban INI Sumbar untuk membantu calon notaris memenuhi persyaratannya. Meski dalam masa pandemi covid-19, tahapan calon notaris jangan pula terhenti karena pandemi.

"Kita juga tidak ingin kawan-kawan calon notaris itu harus menunggu lama untuk memenuhi persyaratan menjadi notaris, karena terhalang pandemi,"pungkasnya.

baca juga: Asrama SMP IT Darul Hikmah di Pasbar Terbakar

Dalam kesempatan itu, ujian Pra ALB diikuti hanya 5 orang. Semua tahapan mengikuti protokol kesehatan covid-19. Selain wajib, cuci tangan, pakai masker, jaga jarak. Panitia juga menerapkan pemantauan suhu badan dengan thermogun dan rapid test.(*)

Editor: Joni Abdul Kasir