Bawaslu Sumbar Pastikan Semua Data Tahapan Pilkada akan Terdokumentasikan

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Pengawasan Pemilu ( Bawaslu ) Sumatera Barat memastikan akan mendokumentasikan setiap data dalam tahapan pelaksanaan Pilkada serentak untuk diinformasikan kepada publik.

"Berkas dan dokumen kerja Bawaslu dalam penyelenggaraan Pilkada serentak menjadi bahan penting untuk didokumentasikan," kata Komisioner Bawaslu Sumbar, Nurhaida Yetti, Minggu 22 November 2020.

baca juga: Besok Bawaslu Sumbar Akan Plenokan Kasus Kasatpol PP Padang

Menurutnya, arsip tersebut sangat diperlukan sebagai bukti atau bahan pendukung jika ada sengketa Pilkada serentak.

"Selain untuk bukti dalam penyelesaian sengketa, dokumen ini juga menjadi penting untuk disuguhkan pada publik sebagai bagian keterbukaan informasi publik, pendidikan politik, menuju Pilkada yang transparan," lanjutnya.

baca juga: DPRD Minta Sekda Non Aktifkan Kasatpol PP Padang

Ia mengatakan, informasi perjalanan pengawasan Pilkada serentak di Sumatera Barat akan disuguhkan dalam dua metode.

"Informasinya kami suguhkan melalui ruang PPID yang didirikan di Kantor Bawaslu Sumatera Barat, atau melalui daring di laman sumbar titik bawaslu .go.id," lanjutnya.

baca juga: Pilkada Solok Memanas, Epyardi Asda Dilaporkan ke Bawaslu

Informasi yang disediakan tersebut bersifat serta merta maupun berkala, namun tidak termasuk informasi yang masih bersifat rahasia atau dikecualikan.

"Masyarakat yang ingin mendapatkan data dan informasi tentang kierja Bawaslu selama tahapan Pilkada berlangsung, bisa juga meminta salinan secara langsung ataupun daring," tutupnya.

baca juga: Dilaporkan ke Bawaslu, Ini Kata Kasatpol PP Padang

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi