Joe Biden Umumkan Anggota Kabinetnya Besok

Joe Biden
Joe Biden (net)

KLIKPOSITIF - Presiden terpilih AS Joe Biden akan mengumumkan nama anggota kabinetnya pada Selasa besok, 24 November.

Dilansir dari The Guardian, Senin (23/11/2020) Ron Klain mengatakan pada hari Minggu bahwa penunjukan kabinet lebih cepat daripada dua pemerintahan sebelumnya. "Anda akan melihat pemilihan kabinet pertama hari Selasa ini. Tapi jika Anda ingin tahu apa badan kabinet mereka, siapa yang akan berada di badan kabinet itu, Anda harus menunggu presiden terpilih mengatakan itu sendiri pada hari Selasa," kata Kepala staf Gedung Putih yang baru, Ron Klain.

baca juga: Tayangkan Aksi Penyerangan Gedung Capitol, Aplikasi Parler Diblokir

Pernyataan Ron Klain muncul setelah Joe Biden mengatakan pada hari Kamis bahwa dia telah memilih menteri keuangan yang ia sebut sebagai seseorang yang diterima oleh semua elemen partai Demokrat.

Klain mengatakan bahwa sementara bagian dari tim transisi ingin bergerak dengan cepat, namun ada sejumlah pihak yang terus berusaha untuk menghalanginya. Dia juga mengatakan bahwa Joe Biden dan wakil presiden terpilih Kamala Harris tidak mendapatkan akses untuk mendapatkan briefing intelijen, data virus corona atau pemeriksaan latar belakang untuk calon kabinet dan mengkritik administrator administrasi layanan umum (GSA) AS Emily Murphy, menunda untuk memastikan kemenangan Biden.

baca juga: Usai Rusuh Pendukung Donald Trump, 2 Pejabat Tinggi Gedung Putih Mundur

"Undang-undang hanya mewajibkan dia untuk menemukan siapa yang tampaknya menjadi pemenang pemilihan dan saya tidak dapat membayangkan ada perselisihan bahwa Joe Biden adalah pemenang pemilihan presiden." ujar Klain.

Klain mengatakan presiden "jelas telah membatalkan norma demokrasi di Amerika Serikat. Dia telah melakukan itu selama empat tahun dan itu meningkat sejak pemilihan."

baca juga: Kerusuhan Pendukung Trump, Jatuh Korban dan Penyerangan Awak Media

Pada hari pelantikan yang dijadwalkan pada 20 Januari 2021, presiden terpilih biasanya diterima oleh presiden periode sebelumnya dengan suasana gembira di Gedung Putih, diikuti dengan sumpah di depan Capitol, disaksikan oleh publik di National Mall dan jutaan pemirsa di televisi. Ada peluncuran khusus, prosesi di Pennsylvania Avenue, dan pesta pengukuhan.

Editor: Ramadhani