Pasca Kecelakaan di Perlintasan KA Sebidang, Satlantas Pariaman Cek Kelayakan Kondisi Perlintasan

Mobil tertabrak kereta api
Mobil tertabrak kereta api (Rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Pasca kecelakaan yang terjadi di perlintasan kereta api sebidang (liar), baru-baru ini pada kawasan Kota Pariaman , pihak Satlantas Polres Kota Pariaman melakukan upaya pengecekan di seluruh perlintasan tersebut.

Kanit Lakalantas Polres Pariaman , IPDA Afrizal Sahar mengatakan, pihaknya meninjau seluruh perlintasan kereta api sebidang serta melakukan imbauan kepada pengguna jalan. "Memang akhir-akhir ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas, kejadian yang paling baru ada di kawasan Kampuang Kaliang, PARIAMAN dimana kereta api menabrak satu unit mobil. Maka dari itu kami mengecek kelayakan perlintasan serta melakukan imbauan kepada pengguna jalan," ungkap IPDA Afrizal Sahar, Selasa 24 November 2020.

baca juga: Sampai di Mesir Perjuangan Nabila Belajar di Al-Azhar Segera Terwujud, Orangtua: Terimakasih Semua Donatur

Lebih lanjut IPDA Afrizal Sahar menuturkan, pengecekan dilakukan untuk mengetahui di tilik mana saja perlintasan yang tidak layak atau membahayakan pengguna jalan. "Ada belasan perlintasan yang telah kami tinjau kondisinya. Setelah itu kami koordinasikan dengan pihak Dishub untuk langkah kedepannya untuk mencegah kecelakaan ," katanya.

Tidak hanya itu, kata IPDA Afrizal, pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan yang melintas perlintasan kereta api agar selalu berhati-hati "Untuk pengguna jalan, jika melewati perlintasan kereta api lihat kiri kanan. Selain itu, pengguna jalan harus tahu juga kapan waktunya kereta api melintas," sebut IPDA Afrizal Sahar.

baca juga: Awali Tahun Baru, Bupati Irfendi Arbi Raih Penghargaan Peduli HAM

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat bernama Alwis Ilyas, mengatakan, menyikapi kecelakaan lalu lintas tersebut dia menilai bahwa peran pemerintah daerah (Pemko Pariaman ) lemah.

"Ini memang sebuah bencana, namun di balik itu peran pemerintah dalam hal ini Pemko Pariaman harus lebih tampak. Memang untuk keselamatan adalah tanggung jawab bersama, namun jika hal ini diserahkan kepada seluruh warga maka tidak akan ada solusi. Pemerintah harus bisa memberikan solusi," ungkap Alwis Ilyas.

baca juga: Besok, Tenaga Kesehatan di Padang Mulai Divaksin

Dikatakannya juga, pemerintah harus koordinasi dengan pihak kereta api untuk menutup perlintasan liar sebidang. "Gantilah dengan perlintasan yang resmi. Tugaskan di setiap perlintasan petugas perlintasan serta membuat plang yang resmi," sebutnya.

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani