KPU Tanah Datar Lantik 879 Ketua KPPS, Ini Pakta Integritas yang Harus Dipatuhi

Pelantikan Ketua KPPS di salah satu Nagari di Tanah Datar
Pelantikan Ketua KPPS di salah satu Nagari di Tanah Datar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar melalui Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) melantik sebanyak 879 Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas menyelenggarakan pemilihan kepala daerah pada 9 Desember 2020.

"Hari ini sebanyak 879 orang Ketua KPPS kita lantik dan mereka harus mematuhi pakta integritas selama bertugas hingga 23 Desember 2020," ucap Ketua KPU Kabupaten Tanah Datar Fahrul Rozi di Batusangkar, Selasa 24 November 2020.

baca juga: Hotel di Batusangkar ini Sediakan Paket Sumbarancak Bagi Warga Sumbar

Ia menyebut beberapa pakta integritas yang harus dipatuhi adalah menyelenggarakan pemilihan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil secara profesional, efektif dan efisien.

"Melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilihan di tingkat TPS yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dengan bersungguh- sungguh, transparan dan tanggung jawab," tutur Fahrul.

baca juga: Hari Ini, 20 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Satu Diantaranya Meninggal

Kemudian, memperlakukan secara adil, imparsial dan non-partisan kepada peserta Pemilihan dan para pihak yang memiliki preferensi politik tertentu tanpa terkecuali.

Melayani pemilih untuk mendapatkan sosialisasi, informasi dan dapat menggunakan hak pilih dalam rangka memenuhi hak konstitusional warga negara.

baca juga: Hari Ini 32 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19

Serta, menolak pemberian, permintaan dan perjanjian dalam bentuk apapun baik secara langsung atau tidak langsung yang memberi harapan yang menyimpang dari prinsip- prinsip Pemilihan yang jujur dan adil bagi peserta Pemilihan, calon serta pihak-pihak yang memiliki preferensi politik tertentu.

Fahrul menyebut untuk 6 orang anggota KPPS lainnya akan dilantik pada hari pemungutan suara sebelum melaksanakan tugas. Mereka dilantik oleh masing-masing Ketua KPPS. (*)

baca juga: Laka Beruntun di Pemandian Mega Mendung Padang Panjang, Sopir Terjepit

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi