Tertibkan APK, Satpol PP Padang Turunkan 146 Personel

Personel Satpol PP Padang lakukan penertiban salah satu APK dari Calon Gubernur Sumbar
Personel Satpol PP Padang lakukan penertiban salah satu APK dari Calon Gubernur Sumbar (Istimewa)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang disebar di setiap Kecamatan untuk melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan dipilih pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Kami menurunkan sebanyak 146 orang anggota Satpol PP yang disebar di 11 Kecamatan yang ada di Kota Padang ," kata Kasatpol PP Kota Padang , Alfiadi, Rabu 25 November 2020.

baca juga: Amankan Anak Jalanan, Satpol PP Padang Harapkan Warga Tidak Memberi Uang ke Anjal dan Pengemis

Menurutnya, pihaknya melakukan penertiban untuk membantu Badan Pengawasan Pemilu ( Bawaslu ) dalam menertibkan APK dan BK yang diduga melanggar aturan. "Untuk APK dan BK ini terlah diatur dalam peraturan KPU nomor 11 Tahun 2020 dan Perda 11 Tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat," lanjutnya.

Menurutnya, untuk penindakan, pihaknya hanya melakukan pencopotan saja. Sementara untuk data sepenuhnya dikuasai oleh Bawaslu Kota Padang .

baca juga: Sebanyak Lima Kantor Hukum Ajukan Proposal untuk Mewakili KPU Lima Puluh Kota di MK

"Kegiatan penertiban yang dilaksanakan sesuai dengan arahan dan koordinasi dari Bawaslu di masing masing kecamatan," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani