Bawaslu Kabupaten Solok Raih Peringkat 3 Badan Publik Menuju Informatif

Ketua Bawaslu Kabupaten Solok, Afrimemori (dua dari kiri) saat menerima anugerah dari Komisi Informasi Sumbar di Hotel Grand Zuri Padang
Ketua Bawaslu Kabupaten Solok, Afrimemori (dua dari kiri) saat menerima anugerah dari Komisi Informasi Sumbar di Hotel Grand Zuri Padang (Ist)

SOLOK , KLIKPOSITIF - Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Kabupaten Solok berhasil meraih predikat sebagai badan publik menuju informatif dalam anugerah Keterbukaan Informasi Publik se - Sumatra Barat Tahun 2020.

Anugerah tersebut diberikan oleh Komisi Informasi Sumatra Barat kepada Bawaslu Solok karena dinilai mendukung dalam mengimplementasikan UU nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

baca juga: Dua Orang ASN Asal Kota Solok Positif Covid-19

Penghargaan itu diterima langsung ketua Bawaslu Kabupaten Solok , Afrimemori dari Ketua Komisi Informasi Sumatra Barat, Nofal Wiska, Rabu (25/11/2020) di Hotel Grand Zuri, Kota Padang.

Bawaslu kabupaten Solok meraih peringkat 3 dalam kategori Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, sementara peringkat 1 diraih oleh Bawaslu Kota Solok , dan peringkat 2 diraih Bawaslu Kota Pariaman.

baca juga: Sebanyak Lima Kantor Hukum Ajukan Proposal untuk Mewakili KPU Lima Puluh Kota di MK

Menurut ketua Bawaslu Solok , Afrimemori, raihan tersebut merupakan bentuk komitmen dan keseriusan Bawaslu Solok dalam mendukung Keterbukaan Informasi Publik dalam pelaksanaan Pemilu.

"Alhamdulillah, ini menjadi motivasi bagi kami untuk bekerja lebih baik kedepannya dalam menjalankan tugas sebagai pengawas Pemilu," ungkap Afrimemori didampingi sekretariat Bawaslu Solok .

baca juga: Dalami Pencegahan Narkoba, DPRK Aceh Utara Belajar ke Kota Solok

Dikatakannya, pihak Bawaslu selalu berusaha membuka ruang atau akses informasi kepada seluruh masyarakat dan memperbaiki layanan sesuai standar layanan informasi publik.

"Dalam informasi soal pemilu, kita sifatnya terbuka terhadap siapa saja, baik kepada media massa maupun masyarakat yang ingin mengakses informasi," terangnya.

baca juga: DKPP Tolak Seluruh Pengaduan Pengadu Terhadap Komisioner KPU dan Bawaslu Bukittinggi

Kedepan, Bawaslu juga sudah menyiapkan berbagai program untuk penyampaian informasi terhadap masyarakat terkait kepemiluan. Apalagi, masyarakat punya hak untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan terkait pemilu.

Penulis: Syafriadi | Editor: Ramadhani