Hari Pertama Sekolah, Sekda Payakumbuh Temukan Ada Guru yang Tidak Pakai Masker di Kantor

Sekda Kota Payakumbuh, Rida Ananda pada saat melakukan monitoring ke SMP N 1 Payakumbuh, Rabu (25/11).
Sekda Kota Payakumbuh, Rida Ananda pada saat melakukan monitoring ke SMP N 1 Payakumbuh, Rabu (25/11). (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Di hari pertama kembali dibukanya sekolah, Rabu (25/11), Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh , Rida Ananda menemukan ada guru yang tidak memakai masker ketika berada di kantor.

"Karena di kantor mereka tidak sendiri, ini saya harap tidak terjadi lagi. Guru harus menjadi contoh bagi siswa," kata Rida Ananda pada saat melakukan monitoring ke SMP N 1 Payakumbuh , Rabu (25/11).

baca juga: Tim Gagak Hitam Polres Payakumbuh Ringkus 2 Pengedar Sabu

Guru sebagai tenaga pendidik disebut Rida harus jadi contoh bagi seluruh siswa dalam menegakkan protokol kesehatan saat pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

Perangkat sekolah, kata dia juga harus memastikan selama di sekolah tidak ada siswa yang berkerumunan terlebih karena kerinduan setiap siswa dengan temannya karena telah lama tidak bertemu.

baca juga: Kembali Meningkat, 14 Warga Payakumbuh Positif COVID-19

Ia mengatakan secara keseluruhan sekolah memang telah menyiapkan segala sesuatu terkait protokol kesehatan. Sehingga untuk saat ini hanya dibutuhkan konsistensi dari sekolah melaksanakannya.

"Tempat cuci tangan sudah disiapkan, jaga jarak juga sudah karena memang siswa yang sekolah tatap muka 50 persen dari jumlah siswa di kelas," ujarnya.

baca juga: Asrama Putri Pesantren di Payakumbuh Terbakar

Dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas diharapkan guru juga meminimalisir diskusi yang membuat anak berkelompok. Kalaupun harus berdiskusi, guru harus memastikan jarak dari siswa.

"Saya tidak ingin sekolah tatap muka menjadi kluster penyebaran COVID-19, di sini butuh keseriusan dari pihak sekolah dalam mengawasi di dukung dengan peran dari orang tua siswa mengingatkan anaknya," kata dia. (*)

baca juga: Dinilai Inovatif, BNNK Payakumbuh Terima Kunjungan DPRD Kampar

Editor: Taufik Hidayat