Lagi, 11 Warga Pasaman Barat Terkonfirmasi Positif Corona

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Kabupaten Pasaman Barat, dr Gina Alecia
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Kabupaten Pasaman Barat, dr Gina Alecia (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Jumlah kasus positif Corona atau COVID -19 terus bertambah di Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ), Sumbar. Kali ini jumlah penambahan mencapai 11 orang.

Penambahan kasus ini menyebabkan jumlah kasus Corona di Kabupaten Pasaman Barat mencapai 292 orang dan sebanyak 15 orang meninggal dunia sejak pandemi Corona berlangsung di daerah itu.

baca juga: Delapan Pasien Sembuh COVID-19 di Tanah Datar, 4 Diantaranya Guru

"Hari ini ada kembali penambahan 11 kasus positif Corona lagi," sebut Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID -19 Kabupaten Pasaman Barat , dr Gina Alecia, Rabu (25/11/2020).

Ia mengatakan dengan adanya penambahan 11 kasus positif Corona di Kabupaten Pasaman Barat , maka totalnya telah 292 warga Pasbar yang dinyatakan positif virus Corona.

baca juga: Diangkat Jadi Wakil Ketua MPW Propinsi di PKS, Hamsuardi: Selama Ini Saya Hanya Diusung

"Sebelumnya kasus positif Corona 281 orang dan hari ini bertambah 11 kasus menjadi 292 orang, 193 orang sudah dinyatakan sembuh, 15 orang meninggal dunia dan 84 orang masih positif atau menjalani isolasi," katanya.

Sedangkan penambahan 11 orang itu, Gina merincikan berdasarkan informasi dari Laboratorium FK Unand Nomor 1845/11/PDRPI-FK/2020 pada (25/112020) terhadap hasil test swab pada Puskesmas Air Bangis (23/11/2020), didapatkan 4 orang terkonfirmasi positif Corona.

baca juga: Andre Rosiade Ingatkan Bahaya Hoaks Soal Vaksin Covid-19

Keempat orang itu yakni 3 orang warga Kecamatan Lembah Melintang dengan inisial Nona RZZ (8) warga Jorong Pasar Dua Suak, Nyonya S (51) warga Pasar Pokan dan Nyonya RR (54) warga Jorong Bungo Tanjung. Kemudian 1 orang lagi warga Jorong Taluak Ambun, Kecamatan Lembah Melintang dengan inisial Tuan BN (57).

Kemudian berdasarkan hasil Laboratorium FK Unand pada (25/11/2020) terhadap hasil test swab pada RS Ahamad Mochtar Bukittinggi (23/11/2020) didapatkan 1 orang terkonfirmasi positif Corona dengan inisial Tuan SD (53) warga Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang.

baca juga: Memasak Apam, Tradisi Warga Pasaman Barat Menyambut Bulan Rajab

Selanjutnya berdasarkan hasil Laboratorium FK Unand terhadap hasil test swab pada BIM Padang pada (25/112020) didapatkan 1 orang terkonfirmasi positif Corona dengan inisial Tuan TW (57) warga Jorong Kampung Cubadak, Kecamatan Pasaman.

Seterusnya,m berdasarkan hasil Laboratorium FK Unand Nomor 1826/11/PDRPI-FK/2020 pada (25/112020) terhadap hasil test swab pada RSUD Pasaman Barat pada (23-24/11/2020) didapatkan 6 orang terkonfirmasi positif Corona.

Keenam pasien ini dengan rincian 3 orang warga Kecamatan Pasaman dengan inisial Nyonya DS (41) warga Jorong Simpang Empat, Nona Y (26) warga Jorong Batang dan Tuan DAM (6) warga Jorong Pinaga.

Kemudian 2 orang warga Kecamatan Luhak Nan Duo dengan inisial Nyonya OY (37) warga Jorong Ophir dan Nona CDM (1) warga Jorong Kapar Utara. Serta 1 orang warga warga Jorong Kuamang, Kecamatan Lembah Melintang dengan inisial Tuan ZL (63)

Saat ini sepuluh pasien konfirmasi positif tengah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di RSUD Pasaman Barat dan RS Ibnu Sina. Sedangkan untuk isolasi akan dilakukan di RSUD, RS Ibnu Sina dan Diklat BKPSDM Talu.

"Khusus untuk Tuan ZN saat ini sedang dalam proses perawatan di RSUD Pasaman Barat dan Tuan SD dalam perawatan di RS Ahmad Mochtar Bukittinggi," katanya.

Menurutnya para pasien terpapar karena diduga kontak erat dengan pasien konfirmasi positif sebelumnya dan ada yang suspek. Sedangkan pihaknya kembali melaksanakan proses pelacakan atau tracking dan testing untuk memutus mata rantai penyebaran COVID -19 di Bumi Mekar Tuah Basamo.

Ia juga berharap, dengan adanya penambahan kasus konfirmasi positif di Pasaman Barat dapat menggugah kesadaran diri masing-masing untuk selalu waspada terhadap COVID -19.

"Kita berharap warga agar selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan," ajaknya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi