Institut Teknologi Padang Raih Penghargaan dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Kategori Perguruan Tinggi Negeri/Swasta

Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, MT saat menerima penghargaan
Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, MT saat menerima penghargaan \"Menuju Informatif\" (Ist)

KLIKPOSITIF - Institut Teknologi Padang ( ITP ) meraih peringkat ke-2 Keterbukaan Informasi Publik Kategori Perguruan Tinggi Negeri/Swasta pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang digelar Komisi Informasi (KI), Rabu (25/11/2020) di Hotel Grand Zuri, Padang.

KI memberikan predikat "Menuju Informatif" kepada kampus teknik terbaik dan tertua di Sumatera Bagian Tengah itu.

baca juga: Dapat Penghargaan dari Menteri Agama, Penghulu Madya Ini Menangis

"Alhamdulillah, kalau tahun lalu kita sampai di 5 besar, tahun ini ITP menjadi peringkat 2, Ini merupakan wujud komitmen kita sebagai badan publik terhadap pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik," ujar Rektor ITP , Dr. Ir. Hendri Nofrianto, MT saat menerima penghargaan .

Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik diberikan kepada Badan Publik yang telah menunjukkan komitmen dalam melaksanakan keterbukaan informasi di badan publiknya berdasarkan hasil kegiatan monitoring dan evaluasi.

baca juga: Perumda Air Minum Kota Padang Raih Tiga Penghargaan Bergengsi pada Top Digital Awards 2020

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP), Drs. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd yang turut hadir dalam acara tersebut mengaku bangga dan mengapresiasi prestasi yang diraih oleh ITP .

"Selamat untuk ITP yang telah berhasil meraih juara 2 dari 152 perguruan tinggi di Sumatera Barat," kata Zulfa.

baca juga: Pasaman Barat Satu-Satunya Daerah di Sumbar Raih Kabupaten Sangat Inovatif Tingkat Nasional

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Rektor II Yusreni Warmi, Dr. Eng. Yusreni. Yusreni mengungkapkan monitoring dan evaluasi dilakukan kepada badan publik termasuk ITP melalui kuesioner dengan indikator pengembangan laman yang terkait dengan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) serta pengumuman informasi publik yang memungkinkan informasi publik diakses dengan mudah dan cepat oleh masyarakat.

"Setelah itu, proses selanjut adalah visitasi Tim Monev KI ke PPID ITP untuk melihat pelaksanaan keterbukaan informasi publik di ITP , hingga akhirnya kita masuk ke tiga besar dan presentasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik di hadapan para panelis," jelas Yusreni yang juga menjabat sebagai PPID Utama ITP .

baca juga: Anugerah KIP Award 2020, Bawaslu Kota Solok Terbaik se-Sumbar

"Alhamdulillah tahun ini kita berhasil meraih peringkat dua, pencapaian kita hari ini menjadi motivasi lagi bagi kita untuk terus meningkatkan pelayanan dan pengembangan PPID ITP untuk keterbukaan informasi publi," imbuhnya.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat, Noval Wiska juga turut mengapresiasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik di ITP . Ia berharap dengan diraihnya peringkat Menuju Informatif, ITP dapat semakin berkembang lagi dan meningkatakan inovasi keterbukaan informasi publik ke depannya.

"Kita salut dan apresiasi atas progres dan pelaksanaan keterbukaan informasi publik ITP , luar biasa. Semoga ITP juga dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi lain" ujar Ketua Komisi Informasi Noval Wiska yang didampingi Komisioner Bagian Kelembagaan KI Sumbar Tanti Endang Lestari.

[Rilis]

Editor: Khadijah