Surfa Yondri Dinobatkan Jadi Tokoh Keterbukaan Informasi Publik, PNP Jawaranya untuk Kategori PTN dan PTS

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (kiri) menyerahkan penghargaan tokoh keterbukaan informasi publik kepada Direktur PNP Surfa Yondri.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (kiri) menyerahkan penghargaan tokoh keterbukaan informasi publik kepada Direktur PNP Surfa Yondri. (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP) Surfa Yondri, terpilih sebagai penerima Anugerah Achievment Motivation Person Award dari Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat ( Sumbar ), Rabu (25/11/2020).

Anugerah sebagai tokoh keterbukaan informasi publik itu diserahkan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Pubkik Tahun 2020 yang digelar di Grand Zuri Padang.

baca juga: Alumni SMKN 2 Padang Sebut Aturan Penggunaan Jilbab Sudah Ada dari Dulu, Ini Pengakuannya

Selain Surfa Yondri, penghargaan yang sama juga diraih oleh delapan tokoh Sumbar , yaitu Dr.dr. Andani Eka Putra yang merupakan pendonor laboratorium spesimen Covid-19 dan Anggota DPR RI Andre Rosiade dan Nevi Zuairina.

Kemudian, Rektor UNP Prof. Ganefri, Sekda Bukittinggi Yuen Karnova, Sekda Pessel Erizon MT, Ketua DPRD Sumbar Supardi, dan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi.

baca juga: Heboh Kasus Pemakaian Jilbab Untuk Siswa Non Muslim, Kuasa Hukum Sebut Jeni Tidak Merasa Terusik

"Saya tidak menyangka nama saya disejajarkan dengan pesohor tanah air, seperti Dr.dr. Andani Eka Putra dan Andre Rosiade," kata Surfa Yondri usai menerima Penghargaan.

Selain dirinya, lanjut Surfa Yondri, pada kesempatan yang sama PNP juga dianugerahi oleh KI Sumbar sebagai Juara I Keterbukaan Informasi Publik kategori Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta 2020.

baca juga: Memasak Apam, Tradisi Warga Pasaman Barat Menyambut Bulan Rajab

Kemudian untuk Juara II, disusul oleh Institut Teknologi Padang di dan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat sebagai Juara III. "Alhamdulillah,
Ibarat dapat durian runtuh. Selain saya, kampus juga dapat," ujarnya.

Ketua KI Sumbar Nofal Wiska dalam acara penganugerahan tersebut menyampaikan, anugerah kepada tokoh Keterbukaan Informasi Publik diberikan berdasarkan kriteria dan uji akses yang melewati keputusan pleno KI Sumbar .

baca juga: Pasutri di Bukittinggi Ditangkap dalam Kasus Perkosaan, Ini Peran Sang Istri

Kemudian, juga dilakukan seleksi secara internal dengan melihat rekam jejak figur yang dinominasikan. Dari hasil perdebatan alot dalam rapat pleno KI, disepakati untuk memberikan award kepada 9 tokoh Sumbar tersebut.

"Indikator penilaiannya adalah rekam jejak, serta aktivitas keterbukaan informasi di masa pandemi Covid-19," ujar kata Nofal Wiska didampingi Wakil Ketua KI Sumbar Adrian Toaik Tuswandi.

Anugerah Achievment Motivation Person Award, tambah anggota KI Sumbar Arif Yumardi, diberikan kepada figur yang punya semangat keterbukaan informasi publik. Baik dalam kebijakan maupun dalam penyampaian tugas dan fungsi ke masyarakat.

"Dengan digelarnya special event anugerah ini, kami pun berharap semangat keterbukaan terus menjadi semangat kerja bagi figur atau tokoh yang dianugerahi. Kemudian jika sudah menular ke tengah masyarakat, kami pun juga berharao dapat menjadi budaya kerja," tambahnya.(*)

Editor: Riki