Andre Rosiade Terima Penghargaan dari Komisi Informasi Sumbar

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (kiri) menyerahkan tropy anugerah Achievement Motivation Person Award 2020 dari Komisi Informasi Sumbar kepada Andre Rosiade (kanan)
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (kiri) menyerahkan tropy anugerah Achievement Motivation Person Award 2020 dari Komisi Informasi Sumbar kepada Andre Rosiade (kanan) (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

— Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade menerima penghargaan dari Komisi Informasi (KI) Sumbar dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dan Achievement Motivation Person Award 2020, Rabu (25/11/2020) di Hotel Grand Zuri Padang.

Andre dinilai sebagai anggota DPR RI yang mendukung keterbukaan informasi publik di Sumbar sebagai implementasi UU No. 14 Tahun 2008.Selain Andre, penghargaan bergengsi itu juga diserahkan kepada delapan tokoh Sumbar lainnya.

baca juga: Andre Rosiade Apresiasi KPPU Bernyali Buktikan Monopoli Semen China

Delapan tokoh dari berbagai kalangan itu adalah dokter dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dr Andani Eka Putra, Anggota DPR RI Nevi Zuairina, Sekretaris Kota Bukittinggi Yuen Karnova, Ketua DPRD Sumbar Supardi.

Kemudian, kepada Sekda Pessel Erizon, Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof GanefriPhD.

baca juga: Tak Sanggup Bayar Iuran BPJS, Andre Rosiade Bantu Warga Kuranji yang Menderita Liver dan Hernia

Penghargaan bergengsi kepada Ansre dan tokoh Sumbar lainnya itu diserahkan oleh Gubernur Sumbar Prof Irwan Prayitno didampingi Ketua KI Sumbar Nofal Wiska.

Gubernur mengucapkan selamat kepada para penerima anugerah dan mengharapkan selalu berada di garda terdepan dalam keterbukaan informasi publik. "Selamat kepada semua penerima anugerah dari KI Sumbar ," katanya.

baca juga: Kelabui Petugas dengan Surat Nikah Palsu, ASN Ini Tak Berkutik Setelah Tahu Satpol PP Pasbar Datang Bersama Istri

Ketua KI Sumbar Nofal Wiska menyebutkan, KI Sumbar memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh di Sumbar yang memiliki komitmen dalam keterbukaan informasi publik.

Tahun 2020 ini Achievement Motivation Person diberikan kepada sembilan tokoh, salah satunya Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade .

baca juga: Andre Rosiade Bantu Istri Sopir Bus yang Terkena Kanker Payudara

Menurut Nofal, tim sudah melakukan seleksi secara internal dan melihat rekam jejak tokoh tokoh yang dinominasikan, dari hasil perdebatan alot di rapat pleno KI, maka disepakati untuk memberikan kepada 9 tokoh Sumbar .

Indikator penilaiannya adalah rekam jejak, serta aktivitas keterbukaan informasi di masa pandemi Covid-19.

Katanya, pemberian penghargaan ini adalah apresiasi atas motivasi dan keberhasilan tokoh tersebut di berbagai bidang, dalam menyiarkan keterbukaan informasi.

Tokoh yang menerima tersebut berasal dari berbagai latar belakang seperti politisi, praktisi kesehatan, birokrat dan satu dari Bupati.

"Kami mengharapkan Anugerah Keterbukaan Informasi ini menjadi motivasi bagi badan publik untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam keterbukaan informasi publik," kata Nofal usai acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dan Achievement Motivation Person Award 2020.

"Yang kami harapkan bukan peringkat, tapi adalah predikat informatif. Anugerah ini bukan lomba yang menghasilkan juara, tetapi adalah apresiasi dan reward dari proses penilaian dalam rangka monitoring dan evaluasi badan publik ," sambungnya.

Andre Rosiade yang juga ketua Gerindra Sumbar mengucapkan terima kasih kepada KI Sumbar dan tim yang telah memberikan penghargaan kepadanya. Menurutnya, keterbukaan informasi adalah bagian yang tak pernah lepas dari Andre Rosiade .

"Sejak menjabat kami selalu terbuka soal informasi publik kepada konstituen. Tak ada yang perlu ditutup-tutupi," kata ketua harian DPP IKatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Selain Andre, sejumlah penerima lainnya adalah,

KI Sumbar juga memberikan penghargaan 16 badan publik di Sumbar berpredikat informatif. Anugerah Badan Publik yang ke-6 Tahun 2020 ini diikuti oleh 236 badan publik dari 10 kategori berpartisipasi dalam mengisi kuisoner penilaian.

Dalam tahapannya, KI Sumbar melakukan proses penilaian, mulai dari verifikasi kuisioner, website, data dukung, visitisasi dan presentasi oleh badan publik . Hasilnya 16 badan publik dinyatakan berpredikat informatif. Tahun lalu hanya 13 badan publik dianugerahi berpredikat informatif. (*)

Editor: Riki