Andre Rosiade Gelar Bimtek Produksi Kewirausahaan di Kota Padang

Andre Rosiade (dua dari kiri) pada acara pembukaan bimtek produksi dan kewirausahaan IKM Olahan Jus
Andre Rosiade (dua dari kiri) pada acara pembukaan bimtek produksi dan kewirausahaan IKM Olahan Jus (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Anggota Komisi VI DPR RI H Andre Rosiade tak pernah melupakan konstituen yang telah mengantarkannya ke Senayan 2019. Bahkan sejak terpilih sebagai anggota dewan, anggota Fraksi Partai Gerindra itu kerap menggelar pelatihan untuk meningkatkan skill warga yang menjadi konstituennya.

Seperti menggelar Bimbingan Teknis Produksi dan Kewirausaan bagi IKM (Industri Kecil dan Menengah) Olahan Jus di Kota Padang , Kamis (26/11/2020) lalu. Bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI dan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Padang , kegiatan bimtek itu diikuti puluhan warga.

baca juga: Tak Sanggup Bayar Iuran BPJS, Andre Rosiade Bantu Warga Kuranji yang Menderita Liver dan Hernia

Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Padang Yunisman mengucapkan terima kasih kepada Andre Rosiade yang telah memasilitasi kegiatan yang sangat bermanfaat ini, apalagi kegjatan ini juga bertujuan untuk penumbuhan wirausaha baru IKM saat pandemi Covid-19 yang entah kapan akan berakhir.

"Program ini sangat berguna, selain skill atau keahlian, peserta juga mendapatkan peralatannya. Kalau tak cukup dengan tangan tertampung, dengan niru ditampung acara-acara ini," kata Yunisman.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Istri Sopir Bus yang Terkena Kanker Payudara

Yunisman menyebut, Pemko Padang sangat berkeinginan kegiatan-kegiatan ini dilakukan secara berkala dan disebar di semua Kecamatan di Kota Padang . Tahun lalu, kata dia, juga sudah ada juga kegiatan yang sama digelar.

"Ini daya ungkit yang dilakukan untuk meningkatkan ekonomi pascapendemi Covid-19. Kami berharap program ini ditingkatkan, karena masih banyak yang bisa dibantu oleh pak Andre Rosiade untuk diberi pelatihan dan modal," katanya.

baca juga: KPPU Menangkan Andre Rosiade soal Predatory Pricing Semen China

Direktur Direktorat IKM Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin, Ir Sri Yuniarti mengharapkan, kegiatan ini adalah upaya bersama mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan skill pengusaha.

"Semoga bisa membuat lapangan kerja. Dengan mengolah buah menjadi jus, sebagai upaya meningkatkan nilai sumber daya lokal yang ada. Ini paketnya cukup lengkap. Ada bimtek dan mesin peralatan. Kami berharap bisa memulai usaha. Perlu keseriusan dan keuletan, inovatif dan kreatif," kata Yuniarti sembari berterima kasih kepada Andre yang telah mengangkat acara ini di Padang.

baca juga: Pekan Ketiga Sekolah Tatap Muka di Kota Padang, Begini Kendala yang Dihadapi Sekolah

Dia berpesan, di tengah pandemi ini, calon pengusaha harus pandai mengindentifikasi keinginan konsumen. Jangan sampai selera pembuat yang dipaksakan kepada pembeli.

"Kita harus tahu konsumen maunya apa? Misal jus yang sehat dan disukai. Semoga ada kegiatan-kegiatan lain yang bisa dikerjasamakan dengan Kementerian Perindustrian. Padang sudah terkenal inovasi dan kreatifitasnya. Ini adalah nilai plus," katanya.

Andre Rosiade menyebutkan, pelatihan-pelatihan seperti ini sudah digelarnya sejak awal menjadi anggota DPR RI 1 Oktober 2019 lalu. Aneka pelatihan seperti menjahit, mekanik, memasak, pengolahan buah dan lainnya itu sudah digelar di Kota Padang , Solok, Sijunjung, Dharmasraya dan Tanahdatar.

"Tentunya, pelatihan atau bimtek ini kami gelar untuk meningkatkan kualitas usaha. Kami membuka diri bekerja sama dengan semua Pemko di 11 Kabupaten/Kota di Daerah Pemilihan (Dapil) 1. Kegiatan serupa akan tetap kami gelar dengan menggandeng Kementerian Perindustrian atau BUMN yang ada di Sumbar," kata Andre Rosiade .

Untuk pelatihan pembuatan jus ini, tambah Ketua Harian DPP Ikatan Kekuarga Minang itu, puluhan peserta tidak hanya mendapakan ilmunya, tapi juga mendapatkan peralatan untuk berusaha.

"Yang terpenting adalah, mereka mendapatkan ilmu-ilmu terbaru dari para ahli yang didatangkan Kementerian Perindustrian. Kami berharap, kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik," pungkas Andre. (*)

Editor: Riki