PPID SMAN 2 Payakumbuh Raih Penghargaan Kategori Informatif

Kepala SMAN 2 Payakumbuh Irma Takarina saat menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang
Kepala SMAN 2 Payakumbuh Irma Takarina saat menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) SMAN 2 Payakumbuh meraih penghargaan pada malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dan Achievmemt Motivation Person 2020, Rabu 25 November 2020 lalu di Hotel Grandzuri Padang.

Hal ini disampaikan Kepala SMAN 2 Payakumbuh pada 27 November 2020 saat ditemui KLIKPOSITIF di sekolah yang terletak di Kawasan Bukit Sitabur. Ia menjelaskan penilaian tersebut dilakukan terhadap sekolah tingkat SMA/SMK/MA se- Sumbar .

baca juga: 27 Sekolah Rusak Akibat Gempa Sulbar, Ini Langkah Kemendikbud

"Penilaian awal berupa instrument yang berisi tentang informasi profil sekolah, prestasi sekolah, sarana prasarana, dan termasuk pembiayaan sekolah. Instrument ini berisikan keterbukaan infomasi sekolah. Kemudian tahap kedua diambil 5 besar dan alhamdulillah, SMAN 2 Payakumbuh masuk," ujar Irma Takarina.

Ia menjelaskan dengan demikian maka Tim Penilai melakukan visitasi ke sekolah untuk melihat sarana prasarana, informasi sekolah, website tempat info ini disampaikan secara online dan dapat diakses oleh siapa pun. Selanjutnya, terpilih menjadi 3 besar dan ia bersyukur, SMAN 2 Payakumbuh kembali lolos bersama SMAN 3 Padang dan SMKN 3 Pariaman.

baca juga: Korban Banjir di Lengayang Dapat Bantuan dari Darul Siska

"Penilaian terakhir kami diundang ke Padang untuk presentasi dan terkait komitmen tahun depan dalam melakukan inovasi, serta melihat koordinasi yang telah dilakukan PPID Sekolah. Alhamdulillah tahun ini kami berhasil meraih peringkat pertama saat malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dan Achievmemt Motivation Person di Padang," ujar Kepala SMAN 2 Payakumbuh yang juga dikenal dengan Kampus Flamboyan atau Cafladoepa ini.

Ia berharap dengan predikat Pengelolaan Keterbukaan Informasi Kategori Informatif yang diraih SMAN 2 Payakumbuh maka dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat. Hal ini dikatakannya terutama dalam pengelolaan dan penggunaan dana yang ada di sekolah.

baca juga: Tim Gagak Hitam Polres Payakumbuh Ringkus 2 Pengedar Sabu

"Sehingga tidak ada lagi kecurigaan dalam penggunaan dana di Sekolah karena semuanya dilaporkan secara teebuka, mulai dari RKS, laporan penggunaan uang yang telah diperiksa oleh yang berwenang. Sehingga penggunaan Dana Bos dan Dana Komite sekolah dapat diketahui oleh Publik, khususnya orang tua siswa dan masyarakat," katanya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani