Hasil Rapid Test, Puluhan Orang Pengawas TPS di Pasaman Barat Reaktif Covid-19

Suasana saar Pengawas TPS di Pasaman Barat menjalani Rapid Test di Kantor Bawaslu
Suasana saar Pengawas TPS di Pasaman Barat menjalani Rapid Test di Kantor Bawaslu (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ) melakukan rapid test terhadap 1.034 Pengawas TPS. Hasilnya 62 orang Pengawas TPS reaktif.

"Seluruh pengawas TPS di Pasaman Barat telah melakukan rapid test, hasilnya didapati 62 orang reaktif," sebut Ketua Bawaslu Pasaman Barat, Emra Patria kepada KLIKPOSITIF , Sabtu (28/11/2020).

baca juga: Ingin Kulit Halus dan Bebas Keriput? Hindari 9 Makanan Ini!

Ia mengatakan, terhadap Pengawas TPS yang dinyatakan reaktif telah diminta untuk melakukan isolasi mandiri. Bagi mereka yang reaktif direncanakan rapid test tahap kedua pada 3 Desember 2020 mendatang.

"Kita ingin memastikan di rapid test tahap kedua. Jika masih reaktif akan dilakukan test swab, untuk itu kita minta bagi yang reaktif untuk isolasi mandiri," katanya.

baca juga: Jangan Dianggap Sepele, Ini Banyaknya Bahaya Lalat yang Hinggap di Makanan

Menurutnya rapid test ini sebagai deteksi dini COVID-19 atau Virus Corona sebelum pelaksanaan pemungutan suara. Seluruh Pengawas TPS yang telah dilantik diwajibkan mengikuti rapid test di dua titik lokasi yang telah ditentukan.

"Ada dua titik lokasi tempat rapid test yang telah kita tentukan yakni di Kantor IPHI Lembah Melintang dan Kantor Bawaslu. Sengaja kita bagi agar tidak terjadi penumpukan massa," terangnya.

baca juga: Hari Gizi Nasional, Ini Pesan Menkes

Ia juga mengungkapkan, bagi Pengawas TPS yang nantinya hasilnya tetap reaktif, maka akan dilanjutkan dengan test swab dan hal itu akan dikoordinasikan mereka dengan satuan gugus tugas COVID-19.

"Kita berharap tidak ada yang positif Corona bagi mereka yang masih reaktif. Jika ada yang positif Corona setelah menjalani test swab, dengan terpaksa Pengawas TPS ini akan diganti," ungkapnya.

baca juga: Khairunas - Yulian Efi Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakbup Terpilih, 955+1 Itu Go Solok Selatan Bersatu

Emra berharap dengan pemeriksaan kesehatan itu, seluruh jajarannya yang akan menjalankan tugas pemantauan pelaksanaan pungut hitung pilkada terbebas dari paparan virus Corona .

"Nantinya Pengawas TPS juga wajib menjalankan protokol kesehatan pada saat menjalankan tugas. Alat pelindung diri juga telah kita siapkan," ujarnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri