Lembaga Survei Ini Klaim PKS Menang di Pilkada Sumbar

ilustrasi
ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Voxpol Center Research and Consulting menyatakan bahwa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mengungguli Gerindra untuk Pilkada 2020. Dari hasil survei yang dilakukan, didapati PKS unggul dengan angka 20,3 persen. Selanjutnya Gerindra dengan angka 13,8 persen.

Kemudian disusul oleh Partai Demokrat 12,4%, Golkar 5,8%, PAN 5,0%, Nasdem 4,8%, PKB 3,1%, PDI-P 2,0%, lainnya 2,9%. Tidak memilih 0,3%, rahasia 13,6% dan tidak tahu/tidak jawab 16,0%.

baca juga: Kelabui Petugas dengan Surat Nikah Palsu, ASN Ini Tak Berkutik Setelah Tahu Satpol PP Pasbar Datang Bersama Istri

"Kami melakukan survei ini bertujuan untuk menganalisis tingkat elektabilitas partai politik jelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat," kata Direktur Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, Senin 30 November 2020.

Menurutnya, dari survei yang dilakukan tersebut, memiliki tingkat kesalahan atau margin eror sebesar 3,47 persen dengan angka kepercayaan mencapai 95 persen.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Istri Sopir Bus yang Terkena Kanker Payudara

"Kami melakukan survei ini dengan melibatkan 800 responden di 19 Kabupaten/Kota dan diambil 50:50 antara lelaki dan perempuan," lanjutnya.

Menurutnya, setiap responden yang terpilih dilakukan wawancara dengan metode tatap muka (face to face) oleh surveyor profesional. "Kami juga melakukan quality control sebanyak 20% dari total jumlah sampel secara acak (random), dengan cara mendatangi kembali responden terpilih dan mengkonfirmasi ulang responden terpilih (hot spot checking)," tutupnya.

baca juga: Hendak Bawa Senpi Protes Pelantikan Biden, Satu Pejabat AS Ditangkap

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani