Waspada Pohon Tumbang dan Banjir di Pessel saat Cuaca Ekstrim

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Pesisir Selatan mencacat intesitas hujan dan angin kencang cukup tinggi di daerah ini. Hal itu kemudian membuat daerah itu menjadi rawan banjir dan pohon tumbang.

"Dalam waktu dekat ini cuaca cukup ekstrim, sehingga rawan terjadi banjir dan pohon tumbang," kata kepala BPBD Pessel, Prinurdin kepada KLIKPOSITIF .

baca juga: Dengan Gotong Royong, Masyarakat Alai Pessel Bangun Masjid Senilai Rp3 Miliar

BPBD Pessel sendiri mencatat kawasan yang rawan bencana akibat cuaca ekstrim yang melanda kawasan itu di antaranya, Kecamatan Silaut, Koto IX Tarusan, dan IV Jurai. Bencana banjir dan pohon tumbang yang kerap terjadi di kawasan itu kata Prinrudin telah mengancam akses masyarakat.

"Laporan yang kita terima dan masih dalam pantauan kita, banjir di Sambungo Silaut, Pohon Tumbang di Carocok Painan IV Jurai, serta pohon tumbang di Siguntur Muda dan Sungai Lundang di Kecamatan Tarusan, meski sudah teratasi, hal ini mengancam akses masyarakat saat cuaca ekstrim," sebutnya.

baca juga: Kasus Pelecehan Seksual, Pria 19 Tahun Diamankan di Pessel

Menurutnya dengan adanya himbaun BMKG mengenai kondisi cuaca ekstrem yang terjadi hingga November 2016 mendatang. Pihak BPBD Pesisir Selatan akan mengutamakan pengawasan di sejumlah kawasan yang rawan bencana.

"Hal itu untuk mempermudah langkah mitigasi kita saat bencana datang. Seperti hal utama yang menjadi prioritas adalah membuka akses masyarakat yang tertutup pohon tumbang dan banjir," papar Prinurdin kemudian.

baca juga: Bupati Pessel Teken Hibah dari Kementerian, Penantian Panjang Masyarakat Langgai Punya Jembatan Gantung Layak Terjawab

Sementara stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Minangkabau Padang menyebutkan bahwa bulan Oktober hingga November 2016 nanti merupakan puncak musim hujan yang melanda beberapa wilayah di Sumatera Barat.

Terkait hal itu Prinrudin menghimbau agar masyarakat perlu untuk waspada jika terjadi hujan sedang dan hujan deras berdurasi lama (diatas 3 jam) serta badai yang diperkirakan terjadi di malam hari hingga dini hari.

baca juga: Tingkatkan Capaian Vaksinasi, Sekda Pessel Minta Puskesmas Konsisten dan Progresif

[Kiky Julnasri Pritama]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa