Serka Silvi, Kowal Asal Payakumbuh Ini Jadi Pasukan Perdamaian PBB

Sersan Kepala (Serka) Silvia Effendi
Sersan Kepala (Serka) Silvia Effendi (ist)

KLIKPOSITIF - Sersan Kepala (Serka) Silvia Effendi (33) tidak menyangka bisa lulus menjadi pasukan Perdamaian PBB . Silvi nantinya tergabung dalam Satgas Bataliyon Mekanik Tentara Nasional Indonesia Kontingen Garuda (Yonmek TNI Konga) XIII/O UNIFIL Lebanon.

Ia merupakan prajurit Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, yang pertama lulus menjadi pasukan Perdamaian PBB .

baca juga: 70 Pemilik UMKM Padang dapat Pelatihan dari BBPSDM Kominfo Medan

Saat ditemui Katasumbar.com jaringan KLIKPOSITIF .com, di Markas Lantamal II Padang, ibu dua anak tersebut begitu tegap berjalan dengan baju loreng TNI AL. Silvia menceritakan, ada beberapa tes yang diikuti untuk bisa meraih kesempatan tersebut.

"Seperti tes psikologi, jasmani, bahasa Inggris dan kesehatan. Sebelum itu, pengusulan dari dimulai dari Lantamal II Padang," katanya di Markas Lantamal II Padang, Senin (30/11/2020).

baca juga: Tegas, Pemko Padang Akan Sanksi ASN yang Tolak Vaksinasi Covid-19

Dalam minggu ini, ia akan dikumpulkan kembali di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI di Bogor -- Jawa Barat. "Berangkat ke Bogor rencananya Jumat dalam minggu ini. Sementara untuk keberangkatan ke Lebanon masih belum tahu waktunya," ujarnya.

Menurut perempuan asal Situjuah Banda Dalam, Payakumbuh ini, hanya 13 orang Kowal se Indonesia yang lulus tes menjadi pasukan perdamaian PBB ini. "Ada 20 an KOWAL yang ikut tes, dari total 850 orang," katanya.

baca juga: Indonesia Bersiap Ciptakan Rel Berbahan Paduan Nikel

Menjalankan tugas sebagai pasukan Perdamaian PBB , Silvi didukung penuh oleh keluarga besarnya. Apalagi sang suami juga seorang prajurit TNI AD. Silvi juga harus rela mengorbankan waktunya demi dua anaknya yang saat ini menginjak usia 5 tahun dan 3 tahun.

"Keluarga sangat mendukung, mendukung penuh untuk berangkat, ini kan kesempatan yang tidak akan datang untuk kedua kalinya. Saingannya banyak," ujarnya.

baca juga: Pakar Sebut Regulasi dan Birokrasi Rumit Pemicu Masalah di Garuda

Silvi menyebutkan, selain demi tugas ke Lebanon, hal ini menambah pengalaman bagi diri sendiri dan bisa bertemu seluruh pasukan perdamaian sedunia.

Diketahui, Serka Silvi Effendi merupakan Bintara TNI AL dengan tahun masuk 2007, dengan penempatan tugas pertama di Kupang, Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal II Padang Mayor Syahrul mengatakan, sebagai prajurit perwakilan Kowal Lantamal II Padang yang pertama dapat menjaga nama baik TNI AL.

"Harapan saya semoga beliau diberikan kesehatan, fisik yang kuat untuk dapat melaksanakan tugas, karena di sana kita tidak tau kondisi alamnya bagaimana," ujarnya.

Editor: Eko Fajri