Bawaslu Turunkan 12 Pengawas Awasi Pelipatan Surat Suara di Padang

Pelipatan surat suara
Pelipatan surat suara (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Kota Padang menurunkan 12 orang pengawas untuk mengawasi proses penyortiran dan pelipatan surat suara yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) sejak dua hari belakangan.

"Petugas ini kami turunkan untuk memastikan proses penyortiran dan pelipatan surat suara berjalan sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan," kata Ketua Bawaslu Kota Padang, Dori Putra, Senin 30 November 2020.

baca juga: Begini Alur Untuk Melakukan Vaksinasi Corona

Ia mengatakan, dalam tahap penyortiran dan pelipatan surat surat pihaknya memastikan agar petugas yang bekerja netral atau tidak mendukung salah satu pasangan calon gubernur Sumatera Barat.

"Sebab apabila petugas penyortiran dan pelipatan surat suara ada kecenderungan tidak netral, maka dikhawatirkan surat suara dapat dirusak," lanjutnya.

baca juga: Benarkah Warga Pasbar yang Ditemukan Meninggal dengan Luka Dipinggang Diterkam Buaya? Ini Kata BKSDA

Ia mengatakan, 12 orang petugas tersebut dibagi untuk dua tempat penyortiran dan pelipatan surat suara yang dilakukan oleh KPU Padang.

"Ada enam orang di gudang KPU Kota Padang, dan enam orang di gudang kantor Pos Cabang Padang jalan Bagindo Aziz Chan," lanjutnya.

baca juga: Meski Sempat Ragu, Tenaga Kesehatan di Padang Ini Jelaskan Rasanya Divaksin Corona

Sebelumnya, Ketua KPU Padang menyatakan proses penyortiran dan pelipatan surat suara sebanyak 631.317 dilakukan oleh 300 orang.

Menurutnya, 300 orang itu dibagi setiap harinya seratus orang pada dua lokasi tersebut.

baca juga: Kelabui Petugas dengan Surat Nikah Palsu, ASN Ini Tak Berkutik Setelah Tahu Satpol PP Pasbar Datang Bersama Istri

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri