Terpilih di TC GSI Nasional, Sebanyak 3 Pelajar SMP Payakumbuh Berpeluang Tembus Timnas U-16

Pelajar SMPN Payakumbuh di TC GSI Nasional 2020 bersama Indra Sjafri.
Pelajar SMPN Payakumbuh di TC GSI Nasional 2020 bersama Indra Sjafri. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Sebanyak tiga orang pelajar asal SMP Negeri 1 Payakumbuh berpeluang menembus skuat timnas Indonesia U-16, setelah masuk dalam 30 pemain yang dipilih dari pemusatan latihan (TC) Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat nasional 2020 yang berlangsung di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Ketiga pemain itu adalah Putra Arrafi dan Caisar Dzaki Putra Adwinaris siswa kelas IX, serta Gala Pagamo siswa kelas XIII. Khusus untuk Putra Arrafi, ia terpilih menjadi pemain belakang terbaik dari 150 pemain yang ikut TC GSI.

baca juga: Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dari TC GSI yang berlangsung sejak 14 November 2020 tersebut dipilih sebanyak 30 pemain yang nantinya akan disertakan pada seleksi timnas Indonesia U-16 tahun depan.

Kepala SMPN 1 Payakumbuh Defi Marlitra menyebut, prestasi yang berhasil ditorehkan tiga siswanya itu tak lepas dari dukungan setiap pihak yang bekerja keras membimbing anak.

baca juga: Termasuk Kadis Kominfo, 16 Warga Payakumbuh Positif COVID-19

"Awalnya ada lima orang siswa SMPN 1 Payakumbuh ikut seleksi GSI di tingkat provinsi, lalu lulus 4 orang siswa dari 5 siswa yang mewakili Sumbar. Alhamdulillah di tingkat nasional terpilih 3 orang siswa kita masuk 30," terang Defi, Senin (30/11).

Delfi menjelaskan bahwa sekolahnya tidak hanya memberikan dukungan mental tapi juga membantu dalam bentuk uang saku saat berangkat ke Jakarta. Untuk administrasi juga diuruskan sekolah ke dinas pendidikan.

baca juga: Beli Sabu Dipinggir Jalan, Petani di Lima Puluh Kota Diciduk Polisi

"Karena pandemi, guru pembimbing tidak dapat mendampingi siswa ke Jakarta, hanya pelatihnya saja yang mendampingi anak di Jakarta, kita berharap anak kita mampu menunjukkan skill individunya dengan baik di depan pelatih Indra Syafri dan kawan-kawan," kata Defi. (*)

Editor: Taufik Hidayat