Pemko Payakumbuh dan BNN Deklarasikan Kelurahan Bersinar

Deklarasi Kelurahan NDB sebagai Kelurahan Bersinar.
Deklarasi Kelurahan NDB sebagai Kelurahan Bersinar. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh dan Badan Narkotika Nasional (BNN) mendeklarasikan Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB) Kecamatan Payakumbuh Utara sebagai Kelurahan Bersinar (bersih narkoba). Pada kegiatan itu, sebanyak 25 orang dikukuhkan sebagai pengurus pada program Kelurahan Bersinar untuk Kelurahan NDB.

Deklarasi yang dilaksanakan di Aula Ngalau Lantai 3 Balai Kota, Selasa (1/12) tersebut mengangkat tagline #hidup100persen sadar, sehat, produktif, dan bahagia.

baca juga: Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Kelurahan NDB juga ditetapkan sebagai pilot project dari pemko dan BNN Kota Payakumbuh yang bertujuan untuk menciptakan kondisi aman dan tertib bagi masyarakat, sehingga bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Wakil Wali Kota Payakumuh, Erwin Yunaz menyebut, deklarasi Kelurahan Bersinar ini penting karena daerah tersebut merupakan kota persinggahan yang membuatnya rawan terhadap penyebaran narkoba.

baca juga: Termasuk Kadis Kominfo, 16 Warga Payakumbuh Positif COVID-19

"Dengan dicanangkan Kelurahan Nunang Daya Bangun sebagai Kelurahan Bersinar merupakan bukti bahwa Pemko Payakumbuh sangat mendukung pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN)," kata Erwin Yunaz, Selasa (1/12).

Dia mengatakan, dengan niat dan keinginan bergerak bersama seperti yang dilakukan di Kelurahan NDB, maka akan dapat menjadikan Kota Payakumbuh aman dan tertib dari narkoba serta tindakan kriminal lainnya bagi seluruh masyarakat.

baca juga: Beli Sabu Dipinggir Jalan, Petani di Lima Puluh Kota Diciduk Polisi

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumatra Barat, Kusriyanto menyebut, dengan dikukuhkannya Kelurahan NDB sebagai role model kelurahan bersinar di kota Payakumbuh juga turut mendapat apresiasi dari BNN Provinsi Sumatera Barat.

"Ini sudah jadi titik terang dalam mewujudkan Kota Payakumbuh menjadi kota yang aman, nyaman, dan tertib dari narkoba serta kejahatan kriminal lainnya," kata Kusriyanto.

baca juga: 3 Tahun Jabat Ketua PN Tanjungpati, Herry Cahyono Kini Jabat Ketua PN Serang IA

Sementara itu, Lurah NDB Ari Ashari mengaku bangga atas penunjukan daerah yang dipimpinnya sebagai pilot project dalam program Kelurahan Bersinar. Meskipun demikian, ia tidak ingin hanya dari kelurahan NDB saja yang aktif menjaga Kota Payakumbuh sebagai kota bersih dari narkoba.

"Mari kita semua warga Kota Payakumbuh untuk saling menjaga dengan selalu aktif melaksanakan program P4GN, sehingga Kota Payakumbuh dapat diwujudkan sebagai kota bebas dari narkoba nantinya," terangnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat