KPU Payakumbuh Temukan Puluhan Surat Suara untuk Pilgub Sumbar Rusak

Proses pelipatan surat suara Pilgub Sumbar 2020 oleh KPU Payakumbuh.
Proses pelipatan surat suara Pilgub Sumbar 2020 oleh KPU Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Meski proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2020 belum tuntas dilakukan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Payakumbuh telah menemukan sebanyak 45 surat suara yang rusak.

Penyortiran dan pelipatan surat suara sendiri baru berjalan selama tiga hari, yaitu Minggu (29/11) sampai dengan Selasa (1/12) sore. Baru sekitar 10 kotak yang sudah di sortir dan dilipat.

baca juga: Asrama Putri Pesantren di Payakumbuh Terbakar

"Sampai Selasa (1/12) sore kami menemukan 45 surat suara yang rusak dari 20.000 surat suara yang telah dilakukan penyortiran dan pelipatan. Karena itu, jumlah surat suara rusak belum dapat dipastikan karena hingga saat ini penyortiran dan pelipatan surat suara masih berlangsung," kata Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal, Rabu (28/11).

Untuk kategori kerusakan yang ditemukan, kata Haidi adalah seperti tinta yang berserakan, robek, dempet kertas, dan ada yang bagian belakangnya tidak ada data untuk TPS dan daerah.

baca juga: Salah Satu SMA Negeri di Payakumbuh Kembali Ditutup Setelah Seorang Guru Positif COVID-19

"Ada juga yang tidak ada lembar tanda tangan Ketua KPPS. Hingga sekarang baru itu kerusakan-kerusakan yang kami dapatkan," kata dia.

Ia mengatakan target partisipasi sesuai dengan yang ditargetkan KPU RI 77,5 persen. Pada Pilkada 2015 persentase partisipasi pemilih di Kota Payakumbuh hanya 51,52 persen.

baca juga: Nilai Bantuan Rehab RTLH di Payakumbuh Naik, Jumlah Penerima Turun

Kota Payakumbuh pada Pilkada serentak 2020 ini hanya melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar. Terdapat empat calon dalam Pilkada Sumbar, secara berurutan, yakni Mulyadi-Ali Mukhni, Nasrul Abit-Indra Catri, Fakhrizal-Genius dan Mahyeldi-Audy Joinaldy.

Sebelumnya, KPU Payakumbuh juga telah menerima kotak suara yang akan digunakan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat 2020. Saat ini pengemasan kotak suara sedang dilaksanakan.

baca juga: Dampak Positif Pembangunan Perkantoran dan Lapangan Olahraga Outdoor untuk Pasar Padang Kaduduak

Jumlah kotak suara yang telah sampai di gudang KPU mencapai 246 kotak suara yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain kotak suara KPU Payakumbuh juga telah menerima logistik lainnya, yakni alat pelindung diri, tinta, alat pencoblosan serta kabel pengunci kotak yang akan digunakan pada pemilihan 9 Desember nanti. (*)

Editor: Taufik Hidayat