Pilkada Damai, Aman, dan Sehat Dideklarasikan di Kota Payakumbuh

Deklarasi Pilkada damai, aman, dan sehat di Payakumbuh.
Deklarasi Pilkada damai, aman, dan sehat di Payakumbuh. (KLIKPOSITIF)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Jajaran pemangku kepentingan di Kota Payakumbuh mendeklrasikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 berlangsung damai, aman, dan sehat.

Diantara yang ikut deklrasi tersebut adalah Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh , TNI/Polri, unsur masyarakat, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan perwakilan partai politik di daerah tersebut.

baca juga: Tim Gagak Hitam Polres Payakumbuh Ringkus 2 Pengedar Sabu

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz mengatakan, pihaknya selalu siap memfasilitasi dan menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2020 yang damai, aman, dan sehat.

"Semoga ini menjadi bukti bahwa seluruh unsur di Payakumbuh siap menyukseskan Pilkada serentak 2020," katanya, Rabu (2/12).

baca juga: Kembali Meningkat, 14 Warga Payakumbuh Positif COVID-19

Ia mengatakan pada Pilkada 2020 ini Kota Payakumbuh hanya melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar. Meski begitu pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

"Kami paham semua kandidat menginginkan jadi yang terbaik dan masyarakat juga antusias, namun yang paling penting terselenggaranya Pilkada damai, aman dan sehat," ujarnya.

baca juga: Asrama Putri Pesantren di Payakumbuh Terbakar

Ia juga meminta agar masyarakat bijak dalam menggunakan media sosial sehingga persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tetap terjaga.

Sementara Kepala Kantor Kesbangpol Budhy D. Permana meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan berita bohong yang bisa merusak persatuan, terutama jelang hari Pemilihan.

baca juga: Dinilai Inovatif, BNNK Payakumbuh Terima Kunjungan DPRD Kampar

"Kami terus himbau masyarakat untuk menyaring setiap informasi yang diterima, jangan buru-buru percaya atau dibagikan kepada pihak lain ketika kebenaran dan sumber informasi tersebut tidak jelas," kata dia

Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh M. Khadafi mengingatkan seluruh peserta Pilkada serentak 2020 untuk betul-betul menghargai dan melaksanakan masa tenang agar terwujud Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar yang aman, damai dan sehat.

"Seluruh faktor dan variabel yang selama ini baik, mari terus kita pertahankan, mari terus patuhi seluruh aturan," ujarnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat