Disdukcapil Pasaman Barat Sebut Telah Merekam 278.077 Lembar KTP Elektronik

Suasana Perekaman KTP yang dilaksanakan di Lembaga Pendidikan
Suasana Perekaman KTP yang dilaksanakan di Lembaga Pendidikan (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat menyebut telah merekam sekitar 278.077 atau 94,54 persen dari wajib KTP 294.1117 jiwa.

"Hingga 30 Nopember kita telah melakukan perekaman sekitar 94.54 persen dari wajib KTP ," sebut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pasaman Barat Yulisna, Kamis (3/12/2020).

baca juga: Berhasil Kelola Lingkungan Hidup, PT. Agrowiratama di Ganjar Proper Hijau oleh KLHK

Ia mengatakan pihaknya di waktu sisa jelang pemilihan kepala daerah ini terus berupaya agar masyarakat yang wajib KTP dapat melakukan perekaman. Untuk itu ia mengimbau agar segera mendatangi kantor camat atau Disdukcapil menjelang Pemilu serantak 9 Desember 2020.

"Kita ingin masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik mengurusnya segera sehingga ikut berpartisipasi saat pemilihan," katanya.

baca juga: KPPN Lubuk Sikaping Gandeng Pemda dalam Rangka Percepatan Penyaluran Dana Desa dan Dak Fisik 2021

Ia juga mengungkapkan warga juga bisa mendatangi mobil pelayanan keliling. Sedangkan pihaknya memberikan pelayanan setiap hari hingga 9 Desember 2020 sehingga masyarakat bisa memiliih di TPS 9 Desember 2020.

Lanjutnya menjelaskan, khusus untuk Pilkada ini bagi masyarakat yang melakukan perekaman KTP akan diberikan surat keterangan yang berlaku hingga akhir Desember jika cetak KTP tidak terkejar di waktu tersisa.

baca juga: Dua Pejabat Positif COVID-19, Aktivitas Disdikbud Pasaman Barat Ditutup Sementara

Pihaknya juga di waktu tersisa ini juga melakukan penyisiran kepada warga yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) belum melakukan perekaman KTP .

"Dalam Peraturan KPU diperbolehkan berbunyi masyarakat saat pemilihan membawa KTP atau surat keterangan. Mudah-mudahan warga bisa memberikan hak suaranya saat Pemilu nanti," katanya.

baca juga: Peduli Lingkungan, Pemuda Maligi Bebaskan Sungai dari Sampah Plastik

Yulisna juga menegaskan kepada masyarakat untuk segera melakukan perekaman KTP agar nantinya saat pemilihan tidak menyalahkan pemerintah karena tidak terpenuhi syarat untuk sebagai pemilih.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi