KPU Pasaman Barat Temukan Sekitar 2.000 Surat Suara Rusak

Proses pelipatan surat suara
Proses pelipatan surat suara (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Pasaman Barat temukan sekitar 2.000 surat suara yang rusak. KPU telah melaporkan ke pihak percetakan di Surabaya untuk diganti kembali.

"Memang ada ditemukan surat suara yang rusak sekitar 2.000 lebih. Jumlah pastinya masih dalam perekapan," sebut Ketua KPU Pasaman Barat , Alharis kepada wartawan.

baca juga: Diangkat Jadi Wakil Ketua MPW Propinsi di PKS, Hamsuardi: Selama Ini Saya Hanya Diusung

Ia mengatakan pihaknya telah menargetkan menyelesaikan pelipatan surat suara calon gubernur dan wakil gubernur pada Selasa (2/12) kemaren. Sedangkan Surat suara bagi calon bupati dan wakil bupati telah selesai beberapa hari lalu.

"Terhadap kertas suara yang rusak itu, kita telah melaporkan ke pihak percetakan di Surabaya untuk diganti kembali," katanya.

baca juga: Memasak Apam, Tradisi Warga Pasaman Barat Menyambut Bulan Rajab

Lanjut Alharis menerangkan untuk logistik lainnya pada umumnya telah datang, tinggal beberapa item seperti sarung tangan plastik dan daftar pasangan calon (DPC).

"Kita berharap beberapa item yang belum datang, agar tiba. Mudah-mudahan segera datang, sehingga pendistribusian logistik bisa segera dilakukan," harapnya.

baca juga: Baharuddin R Kembali Dipercaya Nahkodai DPD PAN Pasaman Barat

Kemudian ia menjelaskan untuk surat suara Pemilu serentak 2020 ada berjumlah 262.654 pemilih sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan ditambah 2,5 persen untuk calon gubernur, wakil gubernur dan calon bupati dan wakil bupati.

Untuk diketahui Pemilihan Umum Kepala Daerah serentak di Pasaman Barat akan diikuti lima pasangan calon yakni empat pasang diusung dari jalur partai politik dan satu pasang dari jalur perseorangan.

baca juga: Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wabup Pasbar Terpilih, HamRis Sujud Syukur

Kelima pasangan calon itu yakni Hamsuardi-Risnawanto, nomor urut dua Maryanto-Yulisman, nomor urut tiga Erick Hariyona-Syawal Suro, nomor urut empat Yulianto-Syafrial dan nomor urut lima Agus Susanto-Rommy Candra.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi