Lahir dari Embrio, Molly Jadi Bayi Tertua di Dunia

Molly Gibson
Molly Gibson (net)

KLIKPOSITIF - Seorang bayi bernama Molly Gibson lahir menjadi bayi tertua di dunia. Molly yang lahir pada bulan Oktober tahun ini ternyata mulai diproses 27 tahun yang lalu.

Embrionya dibekukan pada Oktober 1992, dan bertahan dalam kondisi itu hingga Februari 2020—ketika Tina dan Ben Gibson asal Tenessee di Amerika Serikat mengadopsinya. Molly diyakini telah mencetak rekor baru untuk embrio beku terlama yang menghasilkan kelahiran, dan memecahkan rekor yang dibuat oleh kakak perempuannya, Emma.

baca juga: Facebook Larang Iklan Aksesori Senjata Jelang Pelantikan Joe Biden

"Kami bahagia sekali," kata Tina. "Saya masih emosional. Jika Anda bertanya kepada saya lima tahun lalu apakah saya tidak hanya memiliki satu gadis, tetapi dua, saya akan mengatakan Anda gila," katanya dilansir dari BBC.

Keluarga itu mengalami permasalahan kesuburan selama hampir lima tahun sebelum orang tua Gibson melihat sebuah cerita tentang adopsi embrio di stasiun berita lokal. "Itulah satu-satunya alasan kami berbagi cerita kami, Jika orang tua saya tidak ini di berita, kami tidak akan berada di sini," kata Tina, perempuan berusia 29 tahun itu. "Saya merasa saya harus menerusak apa yang saya dapatkan waktu itu."

baca juga: Ilmuwan Temukan Spesies Baru Kelelawar

Didirikan 17 tahun lalu, NEDC telah memfasilitasi lebih dari 1.000 adopsi dan kelahiran embrio. Sekarang, mereka melakukan sekitar 200 transfer setiap tahun. Mirip dengan proses adopsi tradisional, pasangan dapat memutuskan apakah mereka ingin adopsi embrio secara "tertutup" atau "terbuka" - yaitu yang memungkinkan untuk beberapa bentuk kontak hubung dengan keluarga donor.

Molly dan Emma adalah saudara kandung. Kedua embrio itu disumbangkan dan dibekukan bersama pada tahun 1992, ketika Tina Gibson berusia sekitar satu tahun. Menurut NEDC, embrio Emma berusia 24 tahun saat itu adalah yang tertua dalam sejarah yang pernah lahir. Rekor itu kini dipegang Molly setelah kelahirannya tahun ini.

baca juga: Niat Uji Nyali di Rumah Kosong, 8 Remaja Ini Malah Ketakutan Saat Buka Kulkas

Menurut NEDC, masa simpan untuk embrio beku tidak terbatas. Namun, kerangka waktunya dibatasi oleh usia teknologi - bayi pertama yang lahir dari embrio yang dibekukan setelah IVF lahir di Australia pada tahun 1984. "Sangat mungkin suatu hari nanti akan ada embrio berusia 30 tahun yang lahir," kata Mellinger

Editor: Ramadhani