Kembali Berinovasi, Disdukcapil Agam Luncurkan Siskamling Every Day Sukseskan Pilkada 2020

Disdukcapil Agam meluncurkan Sistem Perekaman Keliling Setiap Hari (Siskamling Every Day).
Disdukcapil Agam meluncurkan Sistem Perekaman Keliling Setiap Hari (Siskamling Every Day). (Ist)

AGAM , KLIKPOSITIF - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) Agam tidak henti-hentinya berinovasi. Kali ini, untuk mensukseskan Pilkada serentak 2020, Disdukcapil Agam meluncurkan Sistem Perekaman Keliling Setiap Hari (Siskamling Every Day).

Meski di tengah pandemi, semangat petugas Disdukcapil tidak surut untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.

baca juga: Kesembuhan Meningkat, Kasus Aktif COVID-19 di Agam Tersisa 6 Orang

Pj Bupati Agam Benni Warlis mengatakan, Pemkab Agam berkomitmen ikut mensukseskan Pilkada 2020. Salah satu bentuk dukungan itu, dengan memberikan pelayanan perekaman dan cetak e-KTP.

Petugas Disdukcapil Agam Siskamling Every Day Agam tengah bekerja
Petugas Disdukcapil Agam Siskamling Every Day Agam tengah bekerja

"e-KTP salah satu syarat untuk memberikan hak pilih. Jadi apa yang dilakukan Disdukcapil Agam sangat bagus, saya sangat apresiasi. Semoga partisipasi pemilih di Agam tinggi, karena masyarakat sudah memiliki e-KTP, " kata Benni Warlis.

baca juga: Mengenal Iis Kuswara, Peracik Jamu Tradisional dari Agam

Kepala Disdukcapil Agam , Misran mengatakan, Siskamling Every Day berlangsung selama 39 hari, 29 Oktober sampai 6 Desember 2020.

Pelayanan di Siskamling Every Day Agam
Pelayanan di Siskamling Every Day Agam

Selama 39 hari, petugas Disdukcapil turun ke lapangan untuk melayani masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan, seperti di kantor camat dan kantor wali nagari.

baca juga: Bupati Agam Lantik Jetson Jadi Pj Sekda Agam

"Siskamling Every Day ini salah bentuk dukungan Pemkab Agam untuk mensukseskan Pilkada," kata Misran.

Petugas Siskamling Every Day Agamtengah mengisi data masyarakat yang datang
Petugas Siskamling Every Day Agamtengah mengisi data masyarakat yang datang

Meski pelayanan di tengah pandemi dan penerapan Perda AKB, Misran memastikan semuanya berjalan sesuai protokol kesehatan.

baca juga: Pemkab Agam Turunkan Puluhan Tim Vaksinator Sukseskan Gebyar Vaksinasi

"Di tengah pandemi, Pilkada tetap harus jalan. Supaya tidak muncul klaster baru, kita berinovasi dan kami terapkan prokes ketat. Setiap hari tanpa libur, kami turun ke lapangan," ujarnya.

Jadwal Siskamling Every Day Agam
Jadwal Siskamling Every Day Agam

Lebih kurang sebulan inovasi berjalan, sudah 5.971 KTP masyarakat yang direkam. Jumlah ini kata Misran, sebenarnya bisa lebih besar jika pelayanan ke sekolah berjalan.

"Di sekolah itu banyak pemilih pemula. Dengan datang ke sekolah saja, kita bisa merekam ratusan siswa setiap hari. Ini menjadi hambatan kita di lapangan karena proses belajar saat ini lewat daring," terangnya.

Dalam pelaksanaan Siskamling Every Day, Disdukcapil juga dibantu instansi terkait. "Terima kasih kepada Satpol PP, Dishub, Polri, TNI dan lainnya yang ikut membantu," jelas Misran.

Misran mengimbau masyarakat yang belum memiliki KTP untuk segera mengurusnya. "Blanko KTP saat ini cukup banyak. Mari urus KTP agar bisa memberikan hak pilih pada 9 Desember nanti," imbau Misran.

Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan dan Hukum DPRD Agam , Syaflin sangat mengapresiasi program yang diluncurkan Disdukcapil Agam . Menurutnya, Siskamling Every Day sangat membantu masyarakat dalam melayani pengurusan dokumen kependudukan.

"Daerah Agam sangat luas. Dengan inovasi ini, masyarakat sangat terbantu," katanya.

Senada, Ketua DPRD Agam Novi Irwan sangat mengapresiasi yang dilakukan Disdukcapil . Meskipun Agam luas, Disdukcapil tetap berupaya memberikan pelayanan prima dengan terobosan yang dilahirkan. Agar masyarakat pelosok terlayani, petugas harus terapkan jemput bola.

" Agam memiliki 16 kecamatan. Artinya wilayah Agam luas. Apa yang dilakukan Disdukcapil sangat hebat. Semoga pelayanan kepada masyarakat semakin baik dan Disdukcapil tidak henti-hentinya melahirkan inovasi," ujarnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Endri S.Ag DT Rangkayo Tanpahlawan mengatakan, inovasi yang diluncurkan Disdukcapil selama ini telah banyak memberikan kemudahan bagi masyarakat mengurus administrasi kependudukan.

"Biasanya, masyarakat dari Palembayan atau Malalak menempuh jarak yang cukup jauh ke Kantor Disdukcapil . Tapi beberapa tahun terakhir, mereka hanya menunggu di tempat masing-masing karena Disdukcapil jemput bola," katanya.

Dengan kemudahan yang ada selama ini, kesadaran masyarakat Agam dalam mengurus administrasi kependudukan cukup tinggi.

"Sekarang untuk mengurus KTP atau sejenisnya, tidak butuh waktu lama. Satu hari bisa selesai. Ini tidak lepas dari inovasi yang ada," pungkasnya.(Adv)

Editor: Khadijah