Pemko Pariaman Serahkan Zakat ASN untuk 1.026 Mustahiq

Penyerahan zakat ASN untuk Mustahiq oleh Mardison Mahyuddin
Penyerahan zakat ASN untuk Mustahiq oleh Mardison Mahyuddin (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Sebanyak 1026 Mustahiq yang terdiri dari imam mesjid, khatib, garin, labai dan ubiyah yang ada di Kota Pariaman menerima bantuan dari Baznas Kota Pariaman Program Pariaman Taqwa.

Perihal itu, Plt Walikota Pariaman , Mardison Mahyuddin mengatakan, zakat yang diberikan berasal dari ASN Kota Pariaman .

baca juga: Dua Bagunan Aset Wisata Pariaman Rusak Parah, Ini Tanggapan Kadis Wisata

"Sebelumnya Baznas Kota Pariaman telah menyalurkan Program Pariaman Cerdas untuk bantuan mahasiswa/wi asal Kota Pariaman dengan mendapat bantuan biaya pendidikan sebesar Rp. 1,5 Juta/orang, Kemudian Program Pariaman Makmur untuk bantuan UMKM kita yang terdampak Covid-19 juga sebesar Rp. 1,5 juta/orang, dan kini untuk program Pariaman Taqwa yang kita serahkan untuk para imam mesjid, khatib, garin, labai dan ubiyah se Kota Pariaman sebesar Rp. 350.000 rupiah/orang," ungkap Mardison Mahyuddin, Jumat 4 Desember 2020.

Mantan Ketua DPRD Kota Pariaman ini juga mengatakan bahwa para imam mesjid, garin, labai dan ubiyah ini mempunyai peran yang vital ditengah masyarakat, dan mereka beraktifitas sesuai dengan keahlian mereka dengan tulus ikhkas, untuk itu kami dari Pemerintah Kota Pariaman bersama Baznas Kota Pariaman sedikit memperikan apresiasi bagi mereka yang telah bekerja ditengah masyarakat.

baca juga: Seribu Bidang Tanah Warga Belum Bersertifikat, Ini Upaya Pemko Pariaman

"Kami menyadari untuk menjadi imam mesjid,khatib, garin, labai dan ubiyah ini sudah semakin sedikit, dan dengan keberadaan mereka kita dapat menjalankan ibadah di tengah masyarakat dan daerah kita dengan baik, karena itu sudah sewajarnya kita memberikan apresiasi kepada mereka dengan sedikit yang bisa kami berikan, jangan lihat jumlahnya, tetapi jadikan pertemuan ini sebagai ajang silaturahmi antara kami di pemerintahan dengan para imam, khatib, garin, labai dan ubiyah ini," jelas Mardison.

Mardison Mahyuddin mengungkapkan bahwa Pemerintah sangat peduli dengan keberadaan para mustahiq yang masuk dalam program Pariaman Taqwa ini, karena dengan keberadaan mereka, maka keberlangsungan hidup beribadah dan beragama di tengah masyarakat dapat terwujud.

baca juga: Puluhan Orang di Pariaman Ikuti Diklat Batik Tulis

" Baznas hadir untuk memberikan bantuan kepada orang yang berhak menerimanya, karena itu, Pemerintah Kota Pariaman bersama dengan Baznas Kota Pariaman yang mengelola zakat dari ASN Pemko Pariaman , akan selalu menyalurkan bantuan untuk para mustahiq, dan upaya peningkatan pendidikan, kesehatan dan perekonomian daerah kita," tuturnya.

Sementara itu Ketua Baznas Kota Pariaman , Jomohor mengatakan bahwa untuk Program Pariaman Taqwa kali ini, pihaknya telah mendata sebanyak 1026 orang imam mesjid, khatib, garin, labai dan ubiyah dengan rincian untuk Kecamatan Pariaman Tengah sebanyak 268 orang, Kecamatan Pariaman Utara sebanyak 301 orang, Kecamatan Pariaman Selatan sebanyak 206 orang, dan Kecamatan Pariaman Timur sebanyak 236 orang dan mubaliq se Kota Pariaman sebanyak 15 orang, yang masing-masing mendapat sebesar Rp. 350.000 rupiah/orang," jelasnya.

baca juga: Dikunjungi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, Ini Kata Kalapas Pariaman

"Kami berharap, dengan sedikit bantuan yang bisa Baznas berikan saat ini, kiranya dapat sedikit membantu para imam, khatib, garin, labai dan ubiyah serta mubalig yang ada di Kota Pariaman , sekaligus ajang silaturahmi diantara kita semua, tetapi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Total bantuan kita berikan sebesar Rp. 359.100.000 rupiah," katanya.

Penulis: Rehasa | Editor: Khadijah