Survei SBLF Riset Konsultan: Mahyeldi-Audy Pemenang Pilgub Sumbar

Mahyeldi-Audy
Mahyeldi-Audy (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Lembaga survei SBLF Konsultan merilis hasil survei terbarunya, Sabtu (5/12). Direktur SBLF Riset Edo Andrefson mengatakan survei ini melibatkan 2 ribu sampel yang tersebar proporsional di 19 kabupaten/ kota se Sumbar.

"Metodologi yang digunakan multistage random sampling, Margin of Error 2.1%," ujar Edo kepada KLIKPOSITIF .

baca juga: KPU Sumbar Digugat Dua Paslon di Pilgub ke MK

Hasilnya, sebut Edo, angka keterpilihan (elektabilitas) paslon gubernur, Mahyeldi Audy, 36.69%, Mulyadi Ali Mukhni, 28,79%, Nasrul Abit 26.21%, Fakhrizal-Genius 6.62%, belum menentukan pilihan/rahasia 1.69%.

Menurut Edo, keunggulan Mahyeldi Audy terprediksi konsisten sejak 3 survei sebelumnya, Agustus, September dan November.

baca juga: Pangi Chaniago: Quick Count Voxpol Center Paling Akurat Prediksi Hasil Pilkada Sumbar 2020

"Keunggulan Mahyeldi-Audy dalam keterpilihan terlihat dari penguasaan basis kab/kota yang dominan dari pada paslon lainnya, baik basis Mahyeldi di padang sebagai DPT terbesar pertama, tanah kelahiran Agam dan sumando Luak Limo Puluah serta support dari kada PKS baik Prof Irwan Prayitno dan Riza falepi di Payakumbuh," ujar Edo.

Keberhasilan Mahyeldi di Padang, sebutnya, menjadi sorotan baik dalam tata kelola pemerintahan dan program yang menyentuh di masyarakat.

baca juga: Mulyadi Sesalkan Status Tersangkanya Dimanfaatkan Pihak yang Tidak Bertanggung Jawab

Sementara Audy mempunyai basis Solok Raya yang hanya satu-satunya putra daerah. Dukungan kaum milenial sebagai satu-satunya calon yang muda seperti Audy, sebutnya, meraup lebih 50% dari total pemilih milenial 40% se Sumbar.

"Dukungan sektor pengusaha UMKM dan besar yang melihat Audy yang seorang wirausaha sukses di Indonesia Timur, menjadi harapan baru perekonomian sumbar semakin baik," tutur Edo. (*)

baca juga: Info Tersangka Menggerus Mulyadi, Bareskrim Terbitkan SP3

Editor: Pundi F Akbar