DPR: Pemerintah Perlu Petakan Potensi Usaha Mikro Berbasis Laut

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Anggota Komisi IV DPR RI Luluk Nur Hamidah mengatakan, banyak yang bisa dikembangkan dari potensi laut Indonesia. Ia mendorong agar pemerintah melakukan pemetaan terhadap potensi usaha mikro berbasis pengolahan laut di sejumlah daerah.

"Penting untuk menjadi pelajaran bersama, sesungguhnya potensi laut kita luar biasa untuk dikembangkan. Maka perlu diatur, apa yang diproduksi dari laut , lalu siapa yang mengolah produksi olahan, jadi dari mulai hulu sampai hilir," jelas Luluk saat mengikuti tim kunspek Komisi IV DPR di Kota Semarang, Jateng.

baca juga: Penting, Mahfud MD Bongkar Janji Komjen Listyo

Menurut politikus dapil Jawa Tengah IV ini, di daerah-daerah lain juga perlu dipetakan potensi yang perlu dikembangkan berbasis kelautan. Pemerintah dalam hal ini cukup mendampingi dan memfasilitasi serta mendukung para pelaku UMKM , seperti menyiapkan sarana dan prasarana, kemudian pelatihan dan akses terhadap pasar.

"Seperti tadi, saya mengapresiasi dari Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang menyosialisasikan kepada para UMKM , bahwa KKP sudah punya pasar laut digital. Ini saya kira penting sekali, bisa jadi ajang promosi bagi usaha-usaha UMKM mereka," imbuhnya.

baca juga: Direstui DPR jadi Kapolri, Listyo Sigit Prabowo: Alhamdulillah...

Ia menambahkan, akses pasar laut digital bagi para UMKM ini sangat penting, dimana kondisi pandemi Covid-19 ini memang menyulitkan mereka untuk menembus pasar. "Menurut saya ini juga menjadi kerja-kerja dari dinas di daerah-daerah agar proaktif menjemput bola dan bisa menghadirkan peran nyata pemerintah kepada masyarakat melalui pendekatan-pendekatan yang menarik seperti ini," terangnya.

Politisi Fraksi PKB ini menyatakan, pada prinsipnya, Komisi IV DPR RI selalu memberikan dukungan anggaran untuk KKP, agar bisa dimaksimalkan dan dioptimalkan untuk program-program yang bisa menyentuh langsung kepada masyarakat seperti pada program bantuan permodalan dan peralatan bagi kelompok UMKM binaan.

baca juga: 3 Tahun Jabat Ketua PN Tanjungpati, Herry Cahyono Kini Jabat Ketua PN Serang IA

"Jadi ada dukungan kepada kelompok-kelompok kecil agar bagaimana mereka bisa tumbuh kuat. Seperti UMKM New Citra ini bisa diangkat menjadi usaha unggulan kita, bahkan mungkin oleh pemerintah bisa membantu pemasaran yang lebih luas. Meskipun sebenarnya wilayah Provinsi Jawa Tengah untuk kebutuhan pasar olahan ikan belum terpenuhi," tutupnya.

Editor: Eko Fajri