Digelar Langsung, Pelantikan Presiden AS Bakal Sederhana

Joe Biden
Joe Biden (net)

KLIKPOSITIF - Pelantikan Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden akan digelar lebih sederhana dari sebelumnya. Hal ini terjadi karena masalah kesehatan terkait Covid-19.

Dilansir dari Sky News, Senin (7/12/2020) upacara pelantikan akan berlangsung di Washington DC pada 20 Januari dan masih banyak detail yang harus dikonfirmasi. Namun parade raksasa di sepanjang Pennsylvania Avenue atau di depan Gedung Putih, diperkirakan ditiadakan, dan pesta mewah di mana presiden baru biasanya menari bersama pasangan mereka kemungkinan juga diubah.

baca juga: Organisasi Yahudi Anti Zionisme: Penyerangan Israel Atas Gaza Palestina Kriminal Perang

Makan siang tradisional setelah upacara di mana para politisi memberikan harapan terbaik mereka, nasihat dan kata-kata bijak kepada presiden yang akan datang mungkin juga tidak diadakan.

Terlepas dari kemungkinan tersebut, upacara pelantikan tidak akan dilakukan secara virtual. Hal tersebut ditandai dengan sebuah platform utama di West Front Capitol mulai dibangun pada 3 November. Diyakini bahwa platform tersebut tidak akan ramai seperti biasanya dan para tamu diharapkan untuk menjaga jarak secara sosial serta mengenakan masker.

baca juga: Intelijen Barat Sebut Iran Diam-diam Bantu Pejuan Hammas

Platform VIP tersebut dapat menampung hingga 1.600 orang. Pihak penyelenggara juga mempertimbangkan untuk membuat tes Covid-19 wajib bagi siapa saja yang akan berada di dekat presiden terpilih, menurut juru bicara komite kongres gabungan yang bertugas mengawasi acara tersebut.

Tempat pemeriksaan besar untuk publik juga sedang dibangun di depan Gedung Putih. Belum ada keputusan yang dibuat, namun pihak komite penyelenggara telah mempertimbangkan untuk mengurangi jumlah di kedua akun tersebut.

baca juga: ESA Rencana Luncurkan Misi Pembersihan Sampah Luar Angkasa Pertama

Joe Biden mengatakan prioritasnya adalah menjaga warga Amerika Serikat tetap aman. Dia berkata: "Dugaan saya adalah masih akan ada upacara panggung.

Editor: Ramadhani