Padang Terapkan Aplikasi IQR Respon Cepat Kebencanaan

Ilustrasi Longsor
Ilustrasi Longsor (Klikpositif/ Agus Embun)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Padang bekerjasama dengan pihak kepolisian setempat segera meluncurkan aplikasi kebencanaan untuk daerah itu, untuk mempercepat program kesiap siagaan bencana.

Kebag Ops Polresta Padang , Kompol Sumintak, di Padang, Selasa, 18 Oktober 2016, mengatakan, pihak kepolisian telah melakukan pembahasan dengan pemerintah Kota Padang, seperti Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Pananggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan juga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

baca juga: Disebut Bakal Rilis Tahun Depan, iPhone 14 Akan Bawa Perubahan Desain Signifikan

"Hari ini kami menggelar rapat dan juga menandatangani nota kesepahaman atau MoU, untuk penerapan aplikasi berbasis android dan Ios guna memperkuat koordinasi antara instansi di daerah ini, untuk kebencanaan dan reaksi cepat terhadap tindak lainnya di kota Padang," kata Sumintak.

Ia menjelaskan, aplikasi ini nantinya akan diberi nama Integrasi Quick Respon (IQR), yang programnya saat ini tengah dibuat oleh tim IT yang telah direkrut untuk menyempurnakan aplikasi tersebut.

baca juga: Pengguna iOS 15 Keluhkan Sejumlah Masalah Bug

Rencananya aplikasi IQR tersebut akan diluncurkan di Polresta Padang , dan kemungkinan mulai bisa di unduh pada akhir tahun 2016, atau awal 2017.

Dengan adanya IQR nantinya, pihak terkait berharap koordinasi lintas instansi akan lebih mudah dilakukan, dan informasi yang diterima juga akan semakin cepat. Selain untuk koordinasi lintas instansi, aplikasi tersebut nantinya juga akan memudahkan masyarakat ikut aktif memberikan informasi pada pihak terkait.

baca juga: Pengguna iPhone 13 Laporkan Alami Bug Pada Fitur Unlock With Apple Watch

"Dengan aplikasi ini, nantinya masyarakat luas juga dapat memberikan informasi, seperti jika ada bencana alam di wilayah tertentu, warga dapat melaporkannya dalam IQR dan kami akan lansung terjun kelapangan sebagai respon cepat dari informasi itu," tegasnya.

Sehubungan dengan itu, Kabid Damkar Kota Padang, Harry Ferdian, menjelaskan, memang rapat untuk penerapan aplikasi ini telah kami lakukan, dan untuk penyempurnaan IQR ini kami serahkan pada pihak Polresta.

baca juga: Terhitung Oktober, Fitur Aplikasi PeduliLindungi Bisa Diakses dari Aplikasi Lain

Aplikasi tersebut, jika dilihat penggunaanya, hampir sama dengan, aplikasi Digital "Qlue" yang telah diterapkan oleh pemerintah DKI Jakarta. (*)

Penulis: Eko Fajri