Badan Kehormatan DPRD Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam : Sejauh Ini Belum Ada Dewan Melanggar Kode Etik

Ketua BK DPRD Payakumbuh YB Datuak Parmato Alam
Ketua BK DPRD Payakumbuh YB Datuak Parmato Alam (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Ketua Badan Kehormatan (BK) dengan Yendri Bodra Dt. Parmato Alam sebut belum ada pelanggaran kode etik yang dilakukan anggota Dewan. Hal ini disampaikan YB Datuak Parmato Alam mengatakan dalam hal menjaga moral, martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas DPRD Kota Payakumbuh merupakan alat kelengkapan Badan Kehormatan (BK) DPRD Payakumbuh .

Ia menjelaskan tugas dan wewenang BK adalah mengamati, mengevaluasi disiplin, etika, dan moral para anggota DPRD dalam rangka menjaga martabat dan kehormatan sesuai dengan kode etik. Kemudian meneliti dugaan pelanggaran yang dilakukan anggota DPRD terhadap peraturan Tatib dan Kode Etik serta sumpah/janji.

baca juga: Kejari Payakumbuh Tak Tutup Kemungkinan Adanya Tersangka Baru Terkait Dugaan Korupsi Penyimpangan Dana COVID-19

"Selama tahun 2020, Badan Kehormatan belum ada menerima laporan secara resmi dari fraksi yang anggotanya melanggar kode Etik ke Badan Kehormatan bagi 25 orang anggota DPRD Kota Payakumbuh , belum ada maupun yang melanggar aturan internal," kata YB. Dt. Parmato Alam kepada media, Senin 30 November 2020 didampingi Ismet Harius dari Fraksi Nasdem Bintang Perjuangan sebagai Wakil Ketua dan Mawi Etek Arianto dari Fraksi Gerindra sebagai anggota.

YB Datuak Parmato Alam menambahkan bahwa dewan merupakan representasi dari rakyat menjalankan fungsi kolektif dan kolegial. Badan Kehormatan dapat memberikan teguran baik secara persuasif maupun teguran tertulis bila ada aduan dari anggota DPRD dan pihak lain.

baca juga: Kuasa Hukum Ungkap Alasan Kadinkes Payakumbuh Ajukan Surat Penangguhan Penahanan

"Meski saat ini musim Pilkada 2020, kami memastikan tidak ada dewan yang masuk ke tim pemenangan paslon melakukan kampanye di fasilitas gedung wakil rakyat itu. Kita apresiasi anggota yang sudah mau profesional dalam menjalankan fungsinya, dan kita tentu ingin agar situasi kondusif selama pilkada berlangsung," ujarnya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah