Terkait Gempa Darat di Pasaman, Ini Kata BMKG

Peta lokasi gempa Pasaman
Peta lokasi gempa Pasaman (BMKG)

PASAMAN , KLIKPOSITIF - Pada Senin 7 Desember 2020 pukul 23.05 WIB, sejumlah wilayah di Sumbar merasakan guncangan gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4.8. Episenter terletak pada koordinat 0.06 LS dan 100,21 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 22 kilometer Tenggara Pasaman Sumbar, pada kedalaman 8 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Silaing Bawah Padang Panjang, Irwan Slamet, dalam keterangan tertulisnya menyebut, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Sianok.

baca juga: Kemlu Sebut Tidak Ada WNI yang Menjadi Korban Gempa Fukushima Jepang

Dampak Gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Payakumbuh, Bukittinggi, Padang Panjang I-II MMI, Pasaman III-IV MMI . Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Irwan Slamet menyebut, hingga pukul 23.36 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

baca juga: UPZ Baznas Semen Padang Kirim Beras 3,5 Ton untuk korban Gempa Sulbar

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Editor: Haswandi