Amankan Pilkada, Polres Pasaman Barat Kerahkan 395 Personel

Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Sugeng Hariadi saat gelar apel pasukan di halaman mako Polres Pasaman Barat
Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Sugeng Hariadi saat gelar apel pasukan di halaman mako Polres Pasaman Barat (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Kepolisian Resort Pasaman Barat menurunkan sebanyak 395 personil untuk mengamankan Pilkada 2020 di Pasaman Barat dengan 1.034 TPS yang tersebar.

"Personil yang ditugaskan untuk mengawasi masing-masing TPS. Meski jumlah personil tak sebanding dengan jumlah TPS, namun satu personel bisa mengawasi lebih dari satu TPS," sebut Kepala Polres Pasaman Barat , AKBP Sugeng Hariadi, Selasa (8/12/2020).

baca juga: Libur Lebaran, Seluruh Objek Wisata di Pasaman Barat Tutup

Ia mengatakan semua personel yang ditugaskan sudah mulai pengamanan sejak Selasa (8/12) malam untuk kontrol dan melihat kondisi di TPS untuk kesiapan pencoblosan pada Rabu (9/12).

Sebanyak 395 personil Polres Pasaman Barat itu juga akan dibagi penempatannya ke masing-masing TPS. Selain 395 personil itu ada juga satu pleton atau 30 orang personil dari Brimob Polda Sumatera Barat.

baca juga: Arak Obor dengan Jalan Kaki, Warga Nagari Kapa Pasbar Takbiran Sambutan Lebaran

Untuk itu ia menegaskan kepada semua personel agar benar-benar menjaga keamanan pelaksanaan pilkada dan kemudian menjaga kelancaran setiap tahapan pilkada.

"Personel yang bertugas harus benar-benar mengantisipasi kerawanan keamanan pilkada seperti serangan fajar, hoak dan lainnya," tegasnya.

baca juga: Tiga Napi Melarikan Diri dari Lapas Kelas III Talu Pasbar, Ini Cara Mereka Kabur

Selain itu ia meminta agar para personel untuk menjaga keselamatan dan kesehatan diri serta masyarakat agar terhindar dari penambahan claster baru COVID-19.

"Jangan khawatir, masyarakat tetap gunakan hak pilih nya tanpa takut dari Virus Corona, namun tetap waspada," pintanya.

baca juga: Gabungan Organisasi Kepemudaan Santuni 70 Orang Anak Yatim di Nagari Kajai Pasbar

Ia juga mendorong bagi semua elemen untuk bertanggung jawab seperti penyelenggara pilkada, calon, dan masa pendukungnya, pemda, media, tokoh masyarakat serta pengawas pemilu independen.

"Semua elemen harus melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku," harapnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi