Terjadi Lonjakan Perekaman E-KTP, Disdukcapil Solsel Tetap Layani Warga di Hari Pemungutan Suara

Kadis Dukcapil Solsel Efi Yandri
Kadis Dukcapil Solsel Efi Yandri (Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Solok Selatan ( Solsel ), Efi Yandri mengungkapkan terjadi lonjakan masyarakat yang melakukan perekaman e-KTP dua hari menjelang hari pemungutan suara Pilkada serentak 2020.

"Kemarin Senin ada sebanyak 185 orang yang melakukan perekaman e-KTP, dan hari ini hingga pukul satu siang sudah 115 orang, dan masih ada yang antre," kata Efi Yandri.

baca juga: Tingkatkan Kualitas Pemilu, Bawaslu Solsel Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Efi Yandri menambahkan warga yang melakukan perekaman e-KTP tersebut sudah terdata namun karena berbagai alasan belum melakukan perekaman e-KTP.

"Infonya untuk memilih wajib menunjukkan e-KTP, sehingga banyak warga yang sebelumnya belum merekam e-KTP melakukannya hari ini, ini menunjukkan animo masyarakat untuk memilih cukup tinggi," katanya.

baca juga: Pengurus dan Kader Solid, DPD PAN Target Enam Kursi DPRD Pada Pemilu 2024

Dia melanjutkan pihaknya tetap membuka layanan perekaman dan pencetakan KTP elektronik pada Rabu (9/12) pada hari pemungutan suara Pilkada.

"Untuk menyukseskan Pilkada dan supaya semua orang bisa menyalurkan hak pilihnya besok kami masih membuka layanan rekam dan cetak KTP elektronik mulai pukul 08.30 WIB sampai 13.00 WIB", katanya

baca juga: Usai Lantik PAW Anggota DPRD Solsel, Zigo: Setelah Dilantik Harus Rajin Ke Kantor

Pihaknya menyebutkan alasan mengapa masih membuka layanan rekam dan cetak e-KTP kemungkinan ada warga yang ingin menyalurkan hak pilihnya tetapi belum memiliki KTP elektronik dan mereka bisa memanfaatkan layanan ini.

"Petugas perekaman dan cetak juga menyalurkan hak pilih dulu, setelah itu mereka masuk kantor untuk melayani masyarakat," katanya.

baca juga: Afri Nofiardi Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Solsel

Penulis: Kamisrial | Editor: Haswandi