Tanpa Kotak Suara, Ini Cara Lima Pasien Positif Covid-19 di Padang Berikan Hak Pilih

Seorang petugas di tempat karantina memasukkan surat suara ke dalam amplop yang dijadikan sebagai kotak suara
Seorang petugas di tempat karantina memasukkan surat suara ke dalam amplop yang dijadikan sebagai kotak suara (KLIKPOSITIF)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Sebanyak lima orang pasien positif Covid-19 di tempat karantina Asrama Haji Kota Padang pada Rabu 9 Desember 2020 menggunakan hak pilih mereka dalam Pilkada 2020.

"Untuk pasien positif Covid-19 di sini yang memilih sebanyak lima orang dan kami menjemput suara pasien ke sini," kata Komisioner KPU Padang , Ariyanto.

baca juga: Putus Mata Rantai Covid-19, Bupati Solsel: Satu Bulan Kedepan Vaksin Harus Tuntas

Pemilihan tersebut dilakukan di salah satu ruangan yang ada di lokasi karantina tersebut. "Kami membawa surat suara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di dekat sini," katanya.

Pemilih melakukan pencoblosan di sebuah kamar yang terletak dalam ruangan yang disediakan. Hal lainnya, pemilih memasukkan surat suara ke dalam amplop yang disediakan.

baca juga: Dinkes Solsel Sebut Vaksin Diperlukan untuk Membentuk Kekebalan Kelompok Terhadap Virus Covid-19

"Kami hanya menyediakan amplop saja, karena tidak memungkinkan untuk membawa kotak suara ke sini," lanjutnya.

Selain pasien positif, KPU Kota Padang juga melakukan pemungutan suara dari petugas yang merawat pasien positif Covid-19.

baca juga: Musdalub HapKido Sumbar, Risnaldi Ibrahim Terpilih Jadi Ketua Umum Secara Aklamasi

"Untuk petugas sebanyak 46 orang yang melakukan pemungutan suara. Karena petugas yang ada di sini juga tidak boleh keluar," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri