Pemilih di Pessel Temukan Surat Suara Pilbup Tercoblos Sebelum Memilih

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Pemilih di Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat menemukan lembaran surat suara pasangan calon bupati dan wakil bupati yang sudah memiliki bekas coblosan sebelum pemilihan dilakukan.

Lembaran surat suara yang sudah ada bekas coblosan itu, salah satunya terjadi di TPS 07 Nagari. Rawang Gunuang Malelo, Kecamatan Sutera. Saat mengetahui kejadian itu, pemilih Nado (28) langsung malapor ke panitia.

baca juga: Jika Kasus Covid-19 Tak Meningkat Usai Lebaran, Ini Penjelasan Ahli

Nado mengatakan, dalam lembaran surat suara itu, terlihat ketiga calon sudah tercoblos alias hangus. "Dan surat suara itu, adalah surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati," ungkapnya pada KLIKPOSITIF .

Ia mengaku, saat itu datang memilih sekitar pukul 09.30 WIB.

baca juga: Indonesia Urutan 18 Kasus Pandemi Covid-19 Dunia

"Ya menemukan itu, langsung saya lihatkan ke saksi dan ke penyelenggaraan dan pengawas. Setelah itu, berdasarkan keputusan kesepakatan saksi masing-masing calon, pengawas dan penyelenggara TPS, surat suara itu diganti," terangnya.

Kesempatan itu, salah seorang Anggota Tempat Pemungutan Suara (TPS) Doni membenarkan, adanya temuan surat suara untuk pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pessel yang sudah tercoblos sebelum pemilihan.

baca juga: Sebut Resiko Kerjanya Tinggi, Said Didu Usulkan Gaji Ngabalin Dinaikkan

"Seperti bekas tusukkan melebar dan sedikit robek di ketiga gambar Paslon. Tapi, surat suara itu kami ganti dan dimasukkan dalam kategori surat suara yang rusak, "sebutnya pada wartawan.

Pergantian surat suara yang rusak dengan yang baru itu, disepakati berdasarkan keputusan saksi pengawas TPS dan seluruh penyelenggara yang bertugas di TPS tersebut.

baca juga: Rencana Kenaikan Tarif PPN, Wakil Ketua DPR: Tambah Beban Hidup Masyarakat

Terpisah, Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di TPS 07 Selnidawati menyampaikan, memang ada satu buah surat suara yang rusak.

"Ada satu, tapi sudah diganti dengan surat suara baru. Berarti, satu surat suara tersebut dianggap surat suara yang rusak," pangkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, pencoblosan surat suara di TPS 07 sudah selesai, dan proses penghitungan surat suara sedang berlangsung hingga pukul 15.00 WIB.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri