PKS dan PPP Klaim Kemenangan Paslon Mahyeldi-Audy

Paslon nomor 4 Mahyeldi -- Audy di Pilgub Sumbar
Paslon nomor 4 Mahyeldi -- Audy di Pilgub Sumbar (Katasumbar)

KLIKPOSITIF - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat nomor urut 4 mendeklarasikan kemenangan berdasarkan hasil real count internal. Pasangan yang diusung oleh PKS dan PPP mengklaim kemenangan dengan persentasi 32,64 persen.

Ketua DPW PKS Sumbar Irsyad Syafar mengatakan, data real count diperoleh dari saksi dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga ke tinggal provinsi yang melibatkan 25 ribu orang.

baca juga: Pergerakan IHSG Akan Dipengaruhi Rilis Data PDB Kuartal II

"Alhamdullilah Pilkada serentak berjalan aman, lancar dan damai. Terimakasih warga Sumbar dalam partisipasi dalam pemilihan kemarin," katanya di Posko Pemenengan Mahyeldi -- Audy di Jalan A Yani, Padang, Kamis (10/12/2020).

Isryad memaparkan, tabulasi suara dari saksi lengkap 100 persen dari 12.574 TPS, yang dihimpun sejak malam hingga pagi tadi, dari TPS yang masuk dari pelosok.

baca juga: Tekan Penularan Covid-19, Pemda Diminta Perkuat Tim Khusus Testing dan Tracing

"Data kita lengkap dari 19 kabupaten/kota yang berbasis C1. Real Count tidak ada margin erornya," ujarnya.

Irsyad menambahkan, dari data C1 partisipasi masyarakat Sumbar mencapai 61,22 persen. "Untuk persentase suara Paslon nomor 1 mencapai 27,48 persen, nomor 2 mencapai 30,05, nomor 3 mencapai 9,83 dan nomor 4 Mahyeldi -- Audy mencapai 32,64 persen," katanya.

baca juga: Antisipasi Pengangguran, Desa di Pariaman Beri Pelatihan Pada Puluhan Warga

"Ada selisih suara lebih kurang 2,5 persen, dalam hitungan kami sekitar 57 ribu suara" kata dia.

Sementara itu, Mahyeldi dalam paparannya menyatakan, terimakasih atas semua pihak yang telah mensukseskan pilkada didaerah itu.

baca juga: Pembangunan GSG Pariaman Baru 30 Persen, Pemerintah Butuh Rp14 Miliar lagi

Editor: Eko Fajri