Cegah Keterlambatan Bantuan Bencana, BPBD Sumbar Siapkan Helikopter

Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman
Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Siaga bencana akhir dan awal tahun serta musim penghujan di Sumatera Barat (Sumbar), BPBD Sumbar stanbykan helikopter bantuan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Ketersediaan helikopter tersebut dari hubungan baik BPBD Sumbar dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

baca juga: Presiden Jokowi: Indonesia Masuk 35 Negara Rawan Bencana

"Sampai sekarang helikopter masih siaga dan siap kapan saja dioperasikan untuk keperluan kebencanaan," ungkap Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman didampingi Kasubid Pencegahan BPBD Sumbar Indra Veri Ramli, Kamis, 10 Desember 2020.

Erman Rahman menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan segala sesuatu sebagai bentuk kesiapsiagaan bencana mulai dari logistik hingga keperluan lainnya.

baca juga: Realisasi Pekerjaan Fisik Proyek Abrasi Pantai Masjid Al Hakim Diatas 50 Persen

"Alhamdulillah kami selalu siaga, kemudian kami juga stanby helikopter untuk menjangkau akses yang sulit di jangkau. Sehingga untuk pengiriman bantuan bisa segera," tuturnya.

Penggunaan helikopter menurut Erman, sangat efektif untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh transportasi darat. Helikopter bantuan BNPB yang digunakan untuk menyalurkan bantuan ke daerah bencana .

baca juga: Pengerjaan Proyek Abrasi Pantai Muaro Lasak Abaikan Keselamatan Warga

"Heli ini untuk mendistribusikan logistik untuk korban bencana , juga peralatan bencana seperti perahu karet dan mesinnya. Heli ini juga kita gunakan untuk pencarian korban hilang dalam bencana ," katanya.(*)

Editor: Joni Abdul Kasir